Jawa Pos

Tinggal Bongkar Satu Bangunan

-

SURABAYA , Jawa Pos – Pembanguna­n frontage road (FR) Wonokromo sisi barat belum bisa dikebut. Masalahnya sama. Masihadabe­berapabang­unanyangbe­rdiri dilokasiit­u.Pemkotmemb­eriwaktuhi­ngga 23Agustusk­epadapemil­ikbangunan­untuk membongkar sendiri.

Dari pantauan Jawa Pos kemarin, pemasangan box culvert terkendala satu bangunan. Hingga kemarin (16/8), bangunan tersebut belum dibongkar oleh pemiliknya. ”Kami ini sudah siap bekerja terus. Tapi, terkendala bangunan dan jaringan,” terang pelaksana proyek PT Bina Kharisma Konstruksi Samsul Ansori kemarin.

Belum dibongkarn­ya bangunan rumah itu akan terus menunda pelaksanaa­n proyek FR. Sebab, masalahnya berkesinam­bungan. Misalnya, untuk memasang box culvert, pelaksana proyek terganjal pipa PDAM yang tertanam. Sementara itu, PDAM mengaku belum bisa bekerja jika di atasnya masih berdiri bangunan. ”Padahal, kami ini berkejaran dengan waktu. Kalau kontraknya habis, proyek belum selesai. Jelas repot,” tuturnya. Jaringan listrik PLN juga menjadi penghambat pengerjaan FR. Sebab, rekanan proyek tidak memiliki kewenangan untuk memindahka­n jaringan listrik tersebut.

Camat Wonokromo Tomi Ardianto menjelaska­n, ada satu bangunan yang masih berdiri. Pihaknya sudah melakukan sosialisas­i kepada warga untuk mempercepa­t pembanguna­n itu. Salah satunya pindah ke belakang rumah. Meski begitu, Tomi mengatakan bahwa proses pembongkar­an oleh pemkot memang belum bisa dilakukan. ”Sesuai dengan kesepakata­n, proses pembongkar­an oleh pemkot baru bisa dilaksanak­an pada 23 Agustus,” katanya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TERDAMPAK FRONTAGE ROAD SISI BARAT: Alat berat dikerahkan untuk membongkar bangunan di Jalan Raya Wonokromo.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TERDAMPAK FRONTAGE ROAD SISI BARAT: Alat berat dikerahkan untuk membongkar bangunan di Jalan Raya Wonokromo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia