Jawa Pos

Polisi Masih Hidup Dikabarkan Meninggal

-

PERISTIWA polisi terbakar saat mengamanka­n unjuk rasa di Cianjur menjadi sorotan hampir seluruh media massa. Pembuat hoax pun tak mau ketinggala­n. Mereka menyebutka­n bahwa polisi meninggal.

’’Innalillah­i wainailahi rojiun telah meninggal anggota dalmas yang di bakar adalah Babinkamti­bmas kel bojonghera­ng,’’ tulis pemilik akun Facebook Agung Wn (fb.com/agungwidhi­arthanugra­ha). Dalam posting-annya, Agung melampirka­n kolase foto. Memperliha­tkan situasi saat demonstras­i berlangsun­g. Dalam foto itu tampak seseorang melemparka­n sesuatu ke tengah kerumunan. Ada juga foto dua orang yang diduga pelaku pembakaran.

Yang cuma hobi mencari informasi lewat medsos bisa saja tertipu dengan kabar tersebut. Tapi, kalau mau mengecek di media massa beneran, Anda pasti langsung tahu bahwa kabar meninggaln­ya polisi yang terbakar di Cianjur itu hoax.

Misalnya, Jawapos.com yang mengabarka­n kondisi terakhir polisi bernama Erwin tersebut pada 16 Agustus lalu. Judulnya Dirujuk ke RSPP, Aiptu Erwin Alami Luka Bakar 64 Persen. Disebutkan, sebelumnya Erwin dirawat di Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Namun, karena ruangan khusus luka bakar belum tersedia, Erwin dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.

Kepala RS Polri Kramat Jati Brigjen Pol Musyafak menyatakan, selain terluka bakar, Erwin mengalami trauma inhalasi karena menghirup udara panas. Pembuluh darah kapilersem­patterbuka­sehinggaba­nyakcairan yang keluar. ’’Kami langsung penanganan cairan, alhamdulil­lah stabil baru kita rujuk tadi,’ lanjutnya. Anda bisa membaca berita itu di bit.ly/DirujukKeR­SPP.

Portal berita resmi milik Polri, tribratane­ws. polri.go.id, juga mengunggah peringatan agar tidak ada yang menyebarka­n hoax tentang Aiptu Erwin. Peringatan itu diunggah pada 17 Agustus 2019. Judulnya Polisi Ingatkan Akan Ada Sanksi Bagi Pelaku Yang Menyebarka­n Pesan Hoax Aiptu Erwin Meninggal Usai Terbakar. Disebutkan juga bahwa Aiptu Erwin tidak meninggal.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, empat anggota kepolisian yang menjadi korban dalam unjuk rasa di Cianjur masih dirawat secara intensif. Anda dapat membaca informasi itu di bit.ly/HoaxMening­gal.

Kabar yang menyebutka­n bahwa anggota kepolisian yang terbakar saat pengamanan aksi mahasiswa Cianjur meninggal adalah hoax. Aiptu Erwin dan beberapa rekannya masih dirawat secara intensif.

 ?? ILUSTRASI CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia