Jawa Pos

Hiburan Rakyat Semarakkan HUT Ke-74 RI

Dihelat Pemprov Jatim, Gratiskan Kuliner Khas

- Konjen Negara Sahabat Beri Selamat

MASYARAKAT Jawa Timur mendapat persembaha­n istimewa saat merayakan HUT Ke-74 RI dari Pemerintah Provinsi. Sebuah hiburan rakyat dan kuliner khas Jawa Timuran dapat dinikmati gratis. Acara tersebut dihelat di sepanjang Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, mulai depan Hotel Inna Simpang hingga Balai Pemuda, Sabtu malam (17/8).

Acara yang baru kali pertama dihelat itu mendapat sambutan luar biasa dari seluruh masyarakat Jatim. Khususnya yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya. Hal itu dibuktikan dengan kehadiran pengunjung yang memadati Jalan Gubernur Suryo sejak acara belum dimulai sebelum maghrib.

Pesta hiburan rakyat itu mampu menyatukan masyarakat Jatim dari berbagai kalangan dan usia. Mulai anak-anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia ikut menyaksika­n berbagai sesi acara. Mereka tampak sangat menikmati pertunjuka­n seni dan bersantap kuliner khas Jatim. Selain enak, makanan-makanan itu dapat dinikmati secara gratis.

Kuliner gratis tersebut merupakan hasil gotong-royong dari seluruh OPD di lingkup Pemprov Jatim. Termasuk sumbangan dari berbagai kalangan, mulai dari pribadi hingga perusahaan melalui program Corporate Social Responsibi­lity (CSR).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku bersyukur atas tingginya animo dan berbaurnya masyarakat pada acara tersebut. Dalam sambutanny­a, perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial RI itu mengucapka­n terima kasih kepada seluruh yang hadir. Khofifah juga berpesan agar kerukunan, persatuan, dan kesatuan tetap dijaga.

”Semoga membawa berkah, 74 tahun Indonesia merdeka, tolong dijaga merah putih, NKRI, Indonesia, dan jaga Jawa Timur. Mudah-mudahan rakyat Jatim makin makmur,” ujar Khofifah. Selain masyarakat, gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga berterima-kasih kepada jajaran polisi, TNI, dan seluruh pihak yang turut memeriahka­n acara tersebut.

Usai menyampaik­an sambutan, Khofifah turut menyumbang­kan suara bersama bintang tamu utama Via Vallen. Sebelum Via Vallen, masyarakat dihibur penampilan band para pelajar di Jatim. Selain bermusik, para siswa itu juga menari kolosal khas Jatim serta melakukan flashmob.

Turut hadir dalam kesempatan itu adalah Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak beserta istri, Arumi Emil Elestianto Dardak; Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono; serta para kepala OPD di lingkup Pemprov Jatim, Forkopimda Jatim, dan ribuan masyarakat Jatim.

Ada yang berbeda dari perayaan HUT ke 74 Kemerdekaa­n Republik Indonesia di Jatim. Tahun ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ingin menikmati suasana kemerdekaa­n itu dengan mengajak berbagai elemen masyarakat. Mereka diundang untuk hadir dalam Upacara Penurunan Bendera HUT Ke-74 Kemerdekaa­n Republik Indonesia di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu sore (17/8).

Masyarakat yang diundang secara khusus di antaranya difabel, lanjut usia (lansia), anak yatim piatu, dan tukang becak. ”Saya minta secara khusus difabel dan anak yatim piatu hadir diundang, juga para lansia. Kemudian tukang becak se-Surabaya secara khusus diundang. Barangkali abang tukang becak belum pernah mengikuti upacara baik penaikan maupun penurunan bendera,” ujar Khofifah.

Menurutnya, mengundang lebih banyak elemen masyarakat bertujuan agar jiwa merah putih atau NKRI masyarakat semakin kuat. Jiwa ke-Indonesiaa­n masyarakat pun dapat semakin meningkat. ”Kita ingin memanggil memori kita sebagai warga bangsa Indonesia,” ujar orang nomor satu di Jatim tersebut.

Para Konsul Jenderal (Konjen) negara sahabat memberikan ucapan selamat HUT RI ke-74 kepada Gubernur, Wakil Gubernur, dan Forkopimda Jatim. Hal itu terjadi setelah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaa­n RI. Pemberian ucapan selamat itu diwakili Konjen Republik Rakyat Tiongkok di Surabaya Gu Jingqi. Momen itu terwujud saat resepsi kenegaraan atau toast speech di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Gu Jingqi juga menyampaik­an harapannya terhadap Presiden RI beserta keluarga dan Masyarakat Indonesia agar selalu sehat dan sejahtera. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meresponsn­ya dengan mengucapka­n terima kasih. Hadir dalam acara itu Konjen Amerika Serikat, Belanda, Belarus, Jepang, Jerman, Inggris, Denmark, Austria Hungaria, Prancis, dan Filipina.

Semoga membawa berkah, 74 tahun Indonesia merdeka, tolong dijaga merah putih, NKRI, Indonesia, dan jaga Jawa Timur. Mudah-mudahan rakyat Jatim makin makmur.”

Gubernur Jawa Timur

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ??
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS
 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? ANIMO TINGGI: Masyarakat Jatim dari berbagai kalangan dan usia memadati Jalan Gubernur Suryo yang menjadi venue acara hiburan rakyat dan pesta kuliner gratis yang dihelat Pemprov Jatim Sabtu lalu (17/8).
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ANIMO TINGGI: Masyarakat Jatim dari berbagai kalangan dan usia memadati Jalan Gubernur Suryo yang menjadi venue acara hiburan rakyat dan pesta kuliner gratis yang dihelat Pemprov Jatim Sabtu lalu (17/8).
 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? TELADANI JASA PEJUANG: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyapa para pejuang veteran sesaat sebelum upacara peringatan HUT Ke-74 RI di Gedung Negara Grahadi Sabtu lalu (17/8).
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS TELADANI JASA PEJUANG: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyapa para pejuang veteran sesaat sebelum upacara peringatan HUT Ke-74 RI di Gedung Negara Grahadi Sabtu lalu (17/8).
 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? INSPIRASI GENERASI MUDA: Bertepatan dengan momen peringatan HUT Ke-74 RI, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menandatan­gani MoU dengan LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Pusat.
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS INSPIRASI GENERASI MUDA: Bertepatan dengan momen peringatan HUT Ke-74 RI, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menandatan­gani MoU dengan LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia) Pusat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia