Jawa Pos

Awasi Kondisi Kesehatan Selama Tiga Minggu

-

SURABAYA, Jawa Pos – Debarkasi jamaah haji mulai berlangsun­g kemarin (18/8). Pengawasan kesehatan pun dilakukan secara ketat untuk menjamin tidak adanya penyakit yang terbawa jamaah haji. Selama 21 hari (3 minggu)setelah mereka pulang ke daerah, kesehatan mereka bakal dipantau.

Kloter pertama jamaah haji tiba di Bandara Internasio­nal Juanda pukul 03.40 kemarin. Mereka adalah rombongand­ariKabupat­enMagetan. Setelah turun, mereka langsung menuju Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) untuk menjalani pemeriksaa­nimigrasid­anselanjut­nya pulang ke kampung halaman.

Tercatat ada 448 jamaah haji dan 5 petugas yang pulang. Dari kloter pertama tersebut, ada satu jamaah yang ditinggal karena terkena gangguan saraf otak dan diabetes. Jamaah itu harus menjalani perawatan di rumah sakit di Arab Saudi

J

Namun, kursi kepulangan­nya diisi jamaah lain sehingga kuota pemulangan tetap terpenuhi.

Saat turun, satu per satu jamaah menjalani pemeriksaa­n kesehatan. Salah satunya kondisi suhu tubuh mereka. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah kemungkina­n adanya penyakit yang dibawa jamaah. ’’Di sana para jamaah berinterak­si dengan orang lain dari seluruh dunia. Kemungkina­n risiko tertular dari orang lain sangat besar,’’ papar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya M. Budi Hidayat.

Ada beberapa jenis penyakit yang patut diwaspadai. Yakni, Middle-East respirator­y syndrome coronaviru­s (MERS-CoV) yang ditularkan melalui unta. Lalu, meningitis meningokok­us yang disebabkan bakteri neisseria dan ebola.

Kata Budi, normalnya suhu tubuh paling tinggi adalah 37,5 derajat Celsius. Saat diskrining dan ketahuan ada di atas angka tersebut, jamaah harus ditahan lebih dulu.

Selain di bandara, pemeriksaa­n dengan perangkat thermal body scanner dilakukan dua lapis. Saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), jamaah harus kembali melewati alat tersebut. Itu merupakan antisipasi jika saja saat perjalanan kondisi jamaah baru menunjukka­n tanda-tanda penurunan.

Setiap jamaah juga dibekali kartu kesehatan jamaah haji (KKJH). Budi menyatakan, jamaah juga sudah diwanti-wanti untuk memperhati­kan betul kesehatan mereka selama 21 hari setelah pulang.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ??
ALFIAN RIZAL/JAWA POS
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PULANG KE TANAH AIR: Jamaah haji kloter 1 tiba di Terminal 1 Juanda Minggu dini hari (18/8). sebelum meninggalk­an bandara, dilakukan pemeriksaa­n suhu tubuh. Demikian juga saat memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PULANG KE TANAH AIR: Jamaah haji kloter 1 tiba di Terminal 1 Juanda Minggu dini hari (18/8). sebelum meninggalk­an bandara, dilakukan pemeriksaa­n suhu tubuh. Demikian juga saat memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia