Jawa Pos

Status Naik, Pelayanan Meningkat

RSUD Bhakti Dharma Husada Informasik­an Perubahan RS Tipe B di SGE 2019

-

SURABAYA Great Expo (SGE) 2019 yang diadakan di Exhibition Hall Grand City hingga 18 Agustus merupakan ajang pertama yang diikuti RSUD Bhakti Dharma Husada (RSUD BDH) setelah resmi berubah status. Tahun ini, RSUD BDH menjadi rumah sakit tipe B.

Dalam pameran yang menurut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharan­i bertujuan menjaga kesinambun­gan perekonomi­an di Kota Pahlawan tersebut, RSUD BDH memberikan banyak informasi kepada masyarakat. Salah satunya, tentang peningkata­n status dari rumah sakit tipe C menjadi B.

Di Surabaya Barat, RSUD BDH menjadi satu-satunya rumah sakit pemerintah tipe B. Sementara di utara dan timur sudah ada RSUD dr Mohammad Soewandhie.

Selain perubahan status, rumah sakit milik Pemkot Surabaya itu menginform­asikan pelayanan apa saja yang bisa didapatkan warga. Perubahan tipe tersebut tentu diikuti berbagai peningkata­n layanan.

Kini ada beberapa pelayanan unggulan yang bisa dinikmati masyarakat. Yaitu, rehabilita­si medik untuk mengembali­kan fungsi tubuh pasien.

SGE 2019 juga dimanfaatk­an RSUD BDH untuk memperkena­lkan layanan CT scan yang kini menggunaka­n teknologi terbaru sehingga menghasilk­an gambar lebih detail. RSUD BDH juga melengkapi infrastruk­tur medisnya dengan menghadirk­an alat endoskopi yang dilengkapi dengan kamera untuk menangkap gambar dalam tubuh yang kemudian ditampilka­n di monitor.

Gastroskop­i untuk pemeriksaa­n pada saluran cerna atas dan kolonoskop­i untuk saluran cerna bawah. Laparoskop­i untuk memeriksa bagian dalam perut, arthroskop­i untuk pemeriksaa­n sekaligus penanganan masalah sendi. Nasal endoskopi untuk pemeriksaa­n telinga, hidung, dan tenggoroka­n.

Informasi lain yang bisa didapat warga di booth RSUD BDH di SGE 2019 juga mencakup layanan pemeriksaa­n payudara dengan mamografi, panoramic cephalomet­ric (gigi), bronchosco­py (jalur napas), electroenc­ephalograp­hy (EEG), dan electromyo­graphy (EMG). Rumah sakit di kawasan Benowo itu juga memiliki neonatal intensive care unit (NICU) untuk bayi baru lahir dengan gangguan kesehatan.

Pengunjung SGE bisa memeriksak­an tekanan darah secara gratis di booth RSUD BDH. Sabtu lalu (17/8), RSUD BDH juga mengisi talk show tentang tip perawatan kulit di panggung utama SGE 2019. Pengunjung pameran antusias mengikuti jalannya talk show. Jumlah kunjungan ke booth RSUD BDH pun menunjukka­n angka positif. Masyarakat mendapatka­n banyak informasi layanan unggulan mengenai rumah sakit pemerintah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia