Jawa Pos

Jalan Rusak Ditutup Pelat Besi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kerusakan di Jalan Indrapura yang menuju ke proyek rumah susun sewa (rusunawa) di kawasan tersebut dikeluhkan warga. Jalan yang rusak hanya ditutup pelat besi. Kondisi itu membuat beberapa warga tergelinci­r dan jatuh. Ketika mengadu, mereka diminta bersabar karena jalan akan diperbaiki setelah proyek rusunawa rampung. Yakni, sekitar akhir tahun ini.

Menurut Sunardi, warga setempat, jalan tersebut rusak sejak lima bulan lalu. ’’Karena banyak alat berat yang melintas untuk membangun rusun itu,’’ katanya. Tidak hanya ambles, sejumlah titik jalan juga bolongbolo­ng. Sebab, lokasinya berdekatan dengan saluran air. Warga lantas melapor ke RW setempat agar jalan tersebut segera diperbaiki. ’’Namun, RW kan ya tidak bisa. RW lapor ke pihak yang membangun rusun,’’ tambah Sunardi.

Pekerja proyek rusunawa mengatakan tidak bisa memperbaik­i jalan sebelum proyek rampung. Sebagai solusi, mereka berinisiat­if memasang sejumlah lempengan besi setebal 1 cm dengan panjang 6 meter dan lebar sekitar 1 meter untuk menutup sejumlah kerusakan.

Dari pantauan Jawa Pos kemarin, pelat yang dipasang digunakan untuk menutupi jalan sepanjang sekitar 100 meter. Mulai perempatan Jalan Indrapura dekat Jalan Rajawali sampai Musala Nurul Huda.

Namun, tindakan itu juga bukan solusi. Sebaliknya, banyak pengendara roda dua yang celaka. ’’Karena pelat besi ini kan licin. Jadi, banyak yang tergelinci­r,’’ ucap Sunardi. Untuk menyiasati­nya, pekerja proyek rusun menambah potonganpo­tongan besi kecil di atas pelat dengan cara dilas. Tujuannya, pelat besi itu tidak licin.

Kepala Rayon Genteng Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Agung Wibisono tetap meminta warga untuk lebih bersabar. Saat melintasi jalan yang rusak, warga diharapkan lebih berhati-hati. Sebab, perbaikan baru dilangsung­kan setelah rusun jadi.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? EKSTRAHATI-HATI: Pengendara roda dua harus ekstrahati-hati ketika melintasi Jalan Indrapura yang rusak dan ditutup pelat besi.
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS EKSTRAHATI-HATI: Pengendara roda dua harus ekstrahati-hati ketika melintasi Jalan Indrapura yang rusak dan ditutup pelat besi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia