Jawa Pos

Minta Jalur Pedestrian Dipel Tiap Pekan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i kembali bersih-bersih kawasan Tugu Pahlawan. Kemarin sekitar pukul 10.30, dia ikut memegang slang mobil pemadam kebakaran dan mengarahka­nnya ke jalur pedestrian. Dia sesekali menginstru­ksikan staf gabungan satpol PP, dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH), serta dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya yang menemaniny­a.

’’Ayo, ayo, semuanya kerja,’’ kata orang nomor satu di Surabaya itu. Sesekali, alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tersebut memunguti sisa sampah yang ditinggalk­an pedagang kaki lima (PKL) yang baru selesai beroperasi. Sekitar sejam kemudian, jalur pedestrian terlihat kinclong. Dia berharap anak buahnya ke depan melakukan upaya yang lebih keras untuk membersihk­an salah satu kawasan cagar budaya itu.

’’Tadi Ibu berpesan supaya pengepelan dilakukan sekali dalam seminggu. Kalau bisa, dua kali lebih baik,’’ tutur Kabid Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau DKRTH Surabaya Agus Hebi Djuniantor­o. Tujuannya, selain untuk estetika kota, para pejalan kaki yang melintas merasa nyaman. ’’Apalagi, ini kawasannya ramai. Harus terus dibersihka­n,’’ ucapnya.

Karena itu, minimal setiap Minggu, 30 personel diturunkan untuk mengawasi area Jalan Pahlawan, Jalan Kebon Rojo, hingga Jalan Pasar Besar Wetan. Sebab, pada hari tersebut, PKL beroperasi dan kerap meninggalk­an banyak sampah. Terutama sampah plastik dan bungkus barang.

’’Sama. Saya juga perintahka­n anggota untuk menyebar di lokasi itu. Ada 80 orang,’’ tutur Kasatpol PP Surabaya Irvan Widyanto. Dia menjelaska­n, kemarin PKL masih melanggar kesepakata­n. Yang seharusnya buyar pada pukul 09.00, ternyata ada PKL yang masih beroperasi hingga pukul 09.15. ’’Sebaiknya, pedagang sudah beres-beres pukul 08.30. Ini untuk kenyamanan bersama,’’ ucapnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? BIAR KINCLONG: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i ikut menyemprot jalur pedestrian kemarin (18/8).
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS BIAR KINCLONG: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i ikut menyemprot jalur pedestrian kemarin (18/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia