Jawa Pos

Ajak Warga Peduli terhadap Sampah Plastik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Makin hari makin banyak hewan laut yang mati akibat sampah plastik. Pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat berkontrib­usi untuk menyelesai­kan masalah sampah plastik tersebut. Berbagai elemen itu mengadakan diskusi Pemuda Beraksi, Indonesia Lestari di Hotel Majapahit Surabaya kemarin (18/8).

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Timur Fauzi Bachtiar mengatakan, hampir seluruh instansi di Jawa Timur telah menerapkan zero waste. Yakni, mengganti plastik sekali pakai dengan wadah makanan-minuman yang bisa dicuci. Dia mengakui, penerapan itu cukup berhasil. Bahkan, para pegawai di lingkungan­nya sudah terbiasa membawa bekal sendiri.

Aktivis lingkungan Ramon Y. Tungka menjelaska­n beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi sampah plastik. Selain mengurangi pemakaian, plastik harus didaur ulang. Eksekusi awal bisa dengan memilahnya. ”Jika sudah dipilah, ketika akan didaur ulang bisa lebih mudah,” kata pria yang juga berprofesi aktor itu.

Ramon mengatakan bahwa masyarakat tidak boleh terlalu memusuhi sampah plastik. Sebab, itu akan berdampak pada pekerja di pabrik plastik. Sehari-hari rasanya juga sulit bisa sepenuhnya terhindar dari sampah plastik. Dia pun lebih menyaranka­n edukasi untuk cara membuangny­a. ”Misalnya, pemerintah dan swasta bisa mengajak perusahaan daur ulang untuk kerja sama,” imbuh Ramon.

Aktris sekaligus aktivis lingkungan Nadine Chandrawin­ata mengungkap­kan apresiasin­ya terhadap kinerja berbagai elemen masyarakat. Khususnya untuk mengatasi sampah plastik. Dia juga terkesan dengan Suroboyo Bus yang mengumpulk­an botol plastik untuk pembayaran. ”Ini bisa dicontoh daerah lain dengan program inovatif lainnya,” kata istri Dimas Anggara itu.

Dalam diskusi itu, Nadine mengajak peserta untuk menyadarka­n banyak pihak. ”Jika kita baik dengan alam, alam juga baik dengan kita,” tutup founder Sea Soldier itu.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? LANGKAH NYATA: Dari kiri, Dini Septia Ningrum, Nadine Chandrawin­ata, dan Ramon Y. Tungka di Hotel Majapahit kemarin.
HARIYANTO TENG/JAWA POS LANGKAH NYATA: Dari kiri, Dini Septia Ningrum, Nadine Chandrawin­ata, dan Ramon Y. Tungka di Hotel Majapahit kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia