Jawa Pos

Mau Aman? Kalahkan Verstappen!

-

race Motorsport Week.

Penasihat tim Red Bull Helmut Marko menyatakan, timnya menyambut baik kehadiran Albon. ’’Albon melakoni debut yang hebat sejauh ini. Dia sudah mengeluark­an semua kemampunny­a dan pantas mendapatka­n kesempatan ini,’’ ujarnya. Podium ketiga GP Jepang 2012 : London, 23 Maret 1996 : 23 tahun

: Thailand

: Nigel Albon

: Kankamol Albon Podium 3 GP Jepang 1990 Podium 3 GP Amerika 2012

KEHADIRAN Alexander Albon di paddock Red Bull di paro kedua musim ini sekali lagi meneguhkan tradisi di dalam tim Austria itu yang selalu memberikan reward and punishment secara tegas kepada pembalap di bawah naungan mereka. Walaupun sering kali keputusan ”penuh perjudian” ini pernah berbuntut blunder, dalam beberapa kasus memang mendapatka­n sukses besar.

Yang fenomenal bagi Red Bull adalah melorot Daniil Kvyat dan mempromosi­kan Max Verstappen pada pertengaha­n musim 2016. Keputusan itu ternyata tepat lantaran kini Verstappen menjelma menjadi pembalap tangguh yang mampu mengancam dominasi pembalap-pembalap papan atas. Sejak 2016, tujuh kemenangan dia kumpulkan bersama Red Bull. Padahal, setahun sebelumnya keputusan Red Bull mempromosi­kan Kvyat sebagai pengganti Sebastian Vettel yang hengkang ke Ferrari dinilai terlalu dini, gegabah, dan akhirnya gagal total.

Sebelum itu, ada beberapa kasus pergantian pembalap di tengah musim yang fenomenal. Empat di antaranya berakhir buruk. Misalnya, ketika Luca Badoer menempati kursi balap Felipe Massa di tim Ferrari pada seri ke-11 dan 12 musim 2009. Keputusan mengejutka­n diambil Tim Kuda Jingkrak, padahal Badoer kala itu tidak membalap selama 10 musim F1. Alih-alih tampil hebat, Badoer hanya mampu finis di posisi ke-17 dan 14 pada dua race yang dia ikuti.

Berikutnya, posisinya digantikan Giancarlo Fisichella yang ditarik dari Force India. Hasilnya? dalam lima balapan bersama Ferrari, capaian terbaik pembalap Italia itu finis kesembilan di Sirkuit Monza. Itu merupakan musim terakhirny­a tampil di pentas F1.

Albon belum sekalipun finis lima besar dalam 12 seri penampilan­nya. Kini dia memanggul beban berat. Dia wajib mengalahka­n pembalap tangguh yang juga rekan setimnya sendiri, Verstappen. Jika tidak, kursi balap di Red Bull musim depan sudah diincar mantan tandemnya di Toro Rosso Daniil Kvyat.

 ?? RED BULL F1 ?? PEMIKUL HARAPAN: Pembalap Thailand Alexander Albon berseragam Red Bull menjelang penampilan debutnya bersama tim baru di GP Belgia akhir pekan ini. Foto bawah, mobil RB15 bernomor 23 yang sudah disiapkan untuk Albon.
TTL Usia Kebangsaan Ayah
Ibu Kamui Kobayashi-Jepang (2009–2012, 2014): PARA PEMBALAP ASIA YANG PERNAH BERJAYA DI F1
Aguri Suzuki-Jepang (1988–1995): Takuma Sato-Jepang (2002–2008):
RED BULL F1 PEMIKUL HARAPAN: Pembalap Thailand Alexander Albon berseragam Red Bull menjelang penampilan debutnya bersama tim baru di GP Belgia akhir pekan ini. Foto bawah, mobil RB15 bernomor 23 yang sudah disiapkan untuk Albon. TTL Usia Kebangsaan Ayah Ibu Kamui Kobayashi-Jepang (2009–2012, 2014): PARA PEMBALAP ASIA YANG PERNAH BERJAYA DI F1 Aguri Suzuki-Jepang (1988–1995): Takuma Sato-Jepang (2002–2008):
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia