Jawa Pos

Shopee Giatkan Wirausaha untuk Siswa SMA/SMK

-

MENGGIATKA­N jiwa wirausaha generasi milenial merupakan salah satu tujuan Shopee dan Semua Murid Semua Guru (SMSG) mengadakan Program Muda Berdaya. Pada Sabtu (24/8), rangkaian acara pertama digelar di Palembang untuk memperkena­lkan lebih lanjut seputar pendidikan kewirausah­aan bagi para generasi muda, khususnya para milenial berusia 15–18 tahun atau yang masih duduk di bangku SMA/SMK.

Program Muda Berdaya berangkat dari pemahaman Shopee dan SMSG akan potensi kewirausah­aan yang dinilai mampu menjawab tantangan zaman dan industri lantaran bisa mengasah keberdayaa­n, kemandiria­n, dan kreativita­s generasi muda.

’’Mereka ini sebentar lagi memasuki usaha kerja produktif. Dan tak dimungkiri, milenial punya peran penting dalam dunia usaha. Data di Shopee menunjukka­n, ada pertumbuha­n hingga 39 persen untuk seller usia 15–25 tahun,’’ ungkap Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar dalam acara perdana Program Muda Berdaya yang dihadiri ratusan pelajar SMA/SMK di Palembang.

’’Diharapkan, Program Muda Berdaya bisa memberikan inspirasi bagi anak muda agar lebih mandiri dan berani menghadapi hidup pada masa depan. Sebab, saat ini lapangan pekerjaan semakin minim,’’ tegas Rezki.

Program Muda Berdaya di Palembang terbagi dalam sesi talk show dan sesi inspirasi. Para pembicara dalam talk show berbagi pandangan mereka akan kemungkina­n berwirausa­ha saat usia sekolah, terlebih untuk memantik ide dan memotivasi anak muda Palembang untuk menggali ide, memulai, dan menjalanka­n usaha sejak dini.

Mereka adalah Prilly Latuconsin­a selaku brand ambassador Shopee dan sosok pengusaha muda inspiratif Rezki Yanuar, Kasi SaranaPras­arana Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Syamsurrij­al, dan Widita Kustrini selaku kepala program SMSG.

Sesi kedua yang merupakan sesi inspiratif diisi empat mentor yang memiliki latar belakang usaha yang mumpuni. Mereka adalah Yukka Harlanda, CEO Brodo; Adis Karim, owner

Rumah Songket Adis; Abdul Anzisy, owner

Bakso Granat Mas Azis; serta Arina Baroroh, junior project manager Du’anyam.

’’Setiap mentor akan sharing dengan adikadik SMA/SMK. Mereka akan berbagi pengalaman dan mengenalka­n model bisnis dari industri masing-masing yang diminati peserta,’’ jelas Rezki.

Diharapkan, dalam acara tersebut, peserta terdorong untuk segera mengirimka­n ide bisnis dan mendaftark­annya di mudabberda­ya.info.

’’Program Muda Berdaya ditujukan untuk tim anak muda usia 15–18 tahun yang memiliki ide usaha yang dijalankan bersama tim. Nanti dipilih 20 tim untuk mengikuti masa inkubasi. Puncak program ini adalah Apresiasi Muda Berdaya bagi tiga tim terbaik yang akan mendapat modal usaha dan coaching dari Kampus Shopee,’’ ungkap Widita.

 ?? ANDESWARI/JAWA POS ?? ILMU BARU: Keseruan suasana sesi mentoring Muda Berdaya bersama Adis Karim, owner Rumah Songket Adis, di Palembang, Sabtu (24/8).
ANDESWARI/JAWA POS ILMU BARU: Keseruan suasana sesi mentoring Muda Berdaya bersama Adis Karim, owner Rumah Songket Adis, di Palembang, Sabtu (24/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia