Jawa Pos

Buka Banyak Penerbanga­n Internasio­nal

Terminal Bandara Baru Jogja Tuntas Akhir Tahun

-

JOGJAKARTA, Jawa Pos – Tingginya minat kunjungan wisata ke Jogjakarta menjadi alasan percepatan penyelesai­an terminal Yogyakarta Internatio­nal Airport (YIA). Sebab, bandara lama, yakni Bandara Adisutjipt­o, hanya mampu menampung 1,8 juta penumpang per tahun.

Jika pembanguna­n terminal tuntas, kapasitas YIA melonjak hingga 20 juta penumpang per tahun. Slot penerbanga­n ke Jogjakarta yang selama ini terbatas pun dapat dikembangk­an.

Saat meninjau pembanguna­n bandara yang terletak di Kabupaten Kulonprogo itu kemarin (29/8), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetka­n tambahan slot penerbanga­n internasio­nal di YIA. ”Tambahan slot yang besar itu akan kita berikan kepada penerbanga­n-penerbanga­n luar negeri sehingga semakin banyak turis yang datang ke Indonesia, khususnya ke Jogjakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Selain itu, akses ke YIA akan terhubung dengan sejumlah moda transporta­si sehingga semakin memudahkan wisatawan. Jokowi menargetka­n, terminal tersebut dapat diselesaik­an dan beroperasi sepenuhnya

pada akhir 2019. ”Ini nanti akan diselesaik­an Desember. Kemudian, plus nanti dihubungka­n dengan kereta, selesai Maret (2020, Red),” imbuhnya.

Sementara itu, pemerintah mencanangk­an akses ke YIA didukung dua jalan utama. Akses itu saat ini

dibangun. Yang pertama adalah

underpass bandara yang akan menghubung­kan dengan jalur pantai selatan Jawa (pansela). Progres konstruksi underpass sepanjang 1,3 km tersebut telah mencapai lebih dari 74,3 persen.

Berikutnya adalah tol Solo–Jogjakarta.

Proyek itu segera dilelang pemerintah pada akhir tahun ini. Trase tol seksi Jogjakarta–Kulonprogo sepanjang 91 kilometer telah disepakati Kementeria­n PUPR dengan Pemerintah Provinsi DIJ. Trase tol akan melewati jalur Solo hingga Prambanan, kemudian ke barat

melalui Selokan Mataram, lalu ke selatan melewati sisi barat Kota Jogjakarta hingga berakhir di YIA di Kulonprogo.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o menyatakan bahwa trase sudah disepakati Selasa malam (27/8).

 ?? AGUS SUPARTO/SETPRES ?? TINJAU LANGSUNG: Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X di YIA, Kulonprogo, Jogjakarta, kemarin.
AGUS SUPARTO/SETPRES TINJAU LANGSUNG: Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X di YIA, Kulonprogo, Jogjakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia