Jawa Pos

Dishub Pasang Rambu Digital

Informasi Jalur Alternatif Penutupan Jalan Yos Sudarso

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengumuman penutupan Jalan Yos Sudarso sudah ditampilka­n Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya kemarin (29/8). Layar digital yang berisi imbauan itu ditempatka­n di beberapa titik untuk memandu pengendara agar mencari jalur alternatif menuju tengah kota.

Salah satu rambu tersebut berada di simpang Darmo–Diponegoro. Dishub memberikan informasi soal penutupan Jalan Yos Sudarso selama enam bulan. Ada pengalihan arus lalu lintas di area tersebut. ”Rambu digital itu bagian dari sosialisas­i ke masyarakat,” terang Kasi Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Beta Ramadhani

JSimpang Darmo-Diponegoro

Depan Polsek Wonokromo Simpang Jalan Dupak-Demak Simpang Kertajaya-Pucang

Informasi Jalur Alternatif:

Rambu digital di beberapa titik Aplikasi Transporta­siku milik Pemkot Surabaya Instagram Dishub Surabaya

Rambu digital akan dipasang di beberapa titik. Selain di traffic light (TL), dishub akan memasang rambu digital portabel di beberapa simpang jalan.

Di sisi selatan, rambu digital akan dipasang di sekitar Joyoboyo depan Polsek Wonokromo. Di sisi timur, rambu tersebut ditempatka­n di simpang Kertajaya-Pucang dan untuk wilayah utara dipasang di simpang Dupak-Demak. ”Untuk yang portabel saat ini (kemarin, Red) sedang kami usahakan. Sebab, jumlahnya terbatas. Kami akan berkoordin­asi dulu dengan Dishub Jatim,” tuturnya.

Rambu portabel sangat penting agar pengendara bisa melakukan persiapan ketika akan melintasi zona penutupan jalan. Dari rambu itu, juga akan diketahui jalan alternatif yang bisa dilalui. Beta memprediks­i, ada dua titik jalur yang bakal mengalami kepadatan lalu lintas. Yakni, Jalan Pemuda dan Gubernur Suryo.

Kini dishub menyiapkan beberapa sarana untuk rekayasa lalin. Beberapa rambu penutupan dan petunjuk akan dipasang secara bertahap. Beberapa ruas jalan kini juga dibenahi.

Di Jalan Gubernur Suryo, pagar di tengah jalan dibongkar pada Sabtu (31/8). ”Rencananya, pagar dikepras sepanjang 25 meter,” tuturnya. Pengeprasa­n pagar dilakukan untuk memudahkan pengendara dari Jalan Gubernur Suryo crossing ke kiri menuju Jalan Simpang Dukuh.

Selain itu, dishub telah menyiapkan informasi penutupan Yos Sudarso melalui aplikasi Transporta­siku. Aplikasi tersebut bisa diunduh lewat Play Store di smartphone. Pengendara bisa mendapatka­n informasi mengenai kondisi lalu lintas Surabaya. Aplikasi itu terintegra­si dengan Instagram dishub. ”Nanti muncul notifikasi pemberitah­uan,” tuturnya.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya Iman Krestian Maharhando­no menjelaska­n, kemarin pihaknya sudah berkomunik­asi dengan pemilik usaha di sepanjang Jalan Yos Sudarso.

Dalam pertemuan itu, pengusaha meminta ada barrier yang membatasi jalan dengan proyek basement kompleks Balai Pemuda. Pemasangan rambu juga menjadi permintaan pengusaha. ”Kami akan komunikasi­kan dengan dishub soal barrier dan rambu itu,” jelasnya. Iman mengatakan, selama penutupan nanti, tempat usaha di wilayah Yos Sudarso tetap bisa diakses melalui Jalan Ketabang Kali.

 ?? DIPTAWAHYU/JAWA POS ?? PAPAN ELEKTRONIK: Rambu digital terpasang di persimpang­an Jalan Darmo dan Diponegoro.
DIPTAWAHYU/JAWA POS PAPAN ELEKTRONIK: Rambu digital terpasang di persimpang­an Jalan Darmo dan Diponegoro.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia