Jawa Pos

Cari Ide lewat Angkot

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sekitar 110 angkutan kota (angkot) memadati halaman Universita­s Ciputra (UC) kemarin (29/8). Mereka akan mengantar lebih dari seribu mahasiswa baru (maba) yang akan melakukan sosialisas­i kesehatan di berbagai kelurahan yang tersebar di banyak kecamatan.

Bukan hanya maba, seluruh jajaran pembimbing lapangan, dosen, dan panitia juga ikut naik angkot.

Terkesan sederhana, tapi itu menjadi pengalaman yang berbeda bagi kebanyakan mahasiswa dari kalangan menengah atas tersebut. ”Sering lihat angkot, tapi baru kali ini ngerasain naiknya, panas banget, tapi seru,” ujar Salsa Faizah Oktavia, mahasiswi baru Jurusan Ilmu Komunikasi UC, lantas tertawa.

Tidak semua perjalanan angkot mulus sampai tujuan. Ada yang bannya gembos, dua angkot mogok, dan ada juga yang nyasar masuk tol. ”Baru jalan kok ada yang gembos dan mogok-mogok di jalan,” ujar Freedy H. Istanto, dosen Program Studi Arsitektur­Interior Fakultas Industri Kreatif UC sambil tertawa.

Menurut Freedy, penggunaan angkot sebagai transporta­si dalam acara Oweek pada hari ke-10 itu bertujuan memberdaya­kan para pemilik angkot. Juga, memberikan pengalaman yang berbeda bagi maba dan jajaran kampus agar merasakan langsung suasana hidup masyarakat pengguna angkot dengan tujuan menumbuhka­n empati sosial. ”Siapa tahu mahasiswa kami dapat ide luar biasa dari situ,” ujarnya.

Kepala Biro Mahasiswa dan Alumni UC Ida Kristin Sianipar mengatakan, selain menumbuhka­n empati lewat transporta­si angkot tersebut, maba turun ke setiap kelurahan dan melakukan sosialisas­i pentingnya pola hidup sehat.

Sasarannya adalah anak-anak hingga lansia. Selain ke setiap puskesmas, mereka door-todoor ke rumah warga sambil membawa kertas sosialisas­i dan bingkisan sabun, sikat, dan pasta gigi untuk masyarakat. ”Pengalaman itu akan terus ditanam lewat program sosial kampus lain selama mereka ada di UC,” kata Ida.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? ANTUSIAS: Ibu-ibu dari RW 1, Kelurahan Manukan Kulon, menampilka­n hiburan saat sosialisas­i SSC 2019 kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS ANTUSIAS: Ibu-ibu dari RW 1, Kelurahan Manukan Kulon, menampilka­n hiburan saat sosialisas­i SSC 2019 kemarin.
 ?? HISYAM/JAWA POS ?? BEDA: Freddy H. Istanto (di samping pengemudi bemo) bersama mahasiswa baru yang bersiap menuju Kelurahan Made untuk melakukan sosialisas­i kesehatan kemarin.
HISYAM/JAWA POS BEDA: Freddy H. Istanto (di samping pengemudi bemo) bersama mahasiswa baru yang bersiap menuju Kelurahan Made untuk melakukan sosialisas­i kesehatan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia