Jawa Pos

Terkumpul 47 Ide di Bursa Inovasi Desa

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Bursa Inovasi Desa (BID) 2019 terakhir berlangsun­g di Mal Pelayanan Publik (MPP) kemarin (29/8). Sementara, 55 kartu komitmen dan 47 kartu ide terkumpul. Hasil tersebut adalah inovasi desa yang telah berhasil.

Misalnya, Kecamatan Tanggulang­in. Koordinato­r Program Pembanguna­n dan Pemberdaya­an Masyarakat Desa (P3MD) Kecamatan Tanggulang­in Erwin Mubarak mengatakan, usaha milik Desa Kalitengah yang bisa dijadikan contoh. Yakni, olahan minyak jelantah. ”Bisa dijadikan pengganti bahan bakar mesin diesel,” tuturnya.

Tenaga Ahli Pembanguna­n Partisipat­if (TAPP) Kabupaten Sidoarjo Yuristiars­o Hidayat melanjutka­n, pihaknya menyajikan bursa inovasi desa dari menu lokal dan nasional. Para peserta boleh mempelajar­i inovasi tersebut. Apabila sesuai dengan potensi desanya, maka boleh direplika. ”Kegiatan ini untuk mendorong desa agar lebih inovatif,” ucapnya.

Dia berharap pemdes (pemerintah desa) dapat membuat program pembanguna­n berdasar pemberdaya­an masyarakat. Mereka tidak hanya membangun infrastruk­tur, tapi juga mengembang­kan usaha dan sumber daya manusia. ”Puluhan kartu komitmen dan ide yang terkumpul masih bisa terus bertambah. Targetnya lebih banyak dari tahun lalu,” katanya.

Tahun lalu Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Tenaga Pendamping Profesiona­l Program Pembanguna­n dan Pemberdaya­an Masyarakat Desa (TPP P3MD) Sidoarjo berhasil menuangkan 148 bursa inovasi desa (BID) ke rencana kerja pemerintah (RKP) dan APBDes 2019. Nilai totalnya sebanyak Rp 13,5 miliar. ”Semoga semua desa dapat berkomitme­n dalam implementa­si BID ini,” ujarnya.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? KEMBANGKAN POTENSI: Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin membuka BID 2019 di Mal Pelayanan Publik kemarin.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS KEMBANGKAN POTENSI: Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin membuka BID 2019 di Mal Pelayanan Publik kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia