Jawa Pos

Potret Hiruk Pikuk Kehidupan Urban

-

SURABAYA, Jawa Pos – Memotret kegiatan orang-orang urban sehari-hari. Itulah yang coba dilakukan perupa Untung Wahono. Pria asal Jogjakarta tersebut mengabadik­an kesibukan masyarakat kota dari pagi hingga malam dalam enam lukisan beraliran dekoratif naif yang dipamerkan di lobi Aryaduta Residences kemarin (29/8) hingga Minggu (15/9).

Salah satu lukisannya berjudul Stasiun Kota Jakarta. Dalam lukisan itu, dia menggambar­kan orang-orang yang sedang naik kereta dan saling menyapa. ’’Ini sebenarnya sangat sederhana. Hanya memotret kehidupan sekitar dari pengalaman harian,’’ jelasnya. Selain orang di dalam kereta, ada juga lukisan orang-orang yang beraktivit­as di dalam rumah. Menurut dia, hal itu adalah bukti bahwa aktivitas seharihari bisa dijadikan inspirasi.

Dia menggerakk­an kuas berdasar ingatan yang terekam di otak. Bukannya difoto, kemudian dilukis. Atau dilukis di lokasi. Dia memilih gaya dekoratif naif agar bisa bebas mengekspre­sikan fantasi. Misalnya, deretan rumah yang tidak simetris, tapi tetap terlihat cantik. Ada juga pepohonan yang dibuat berwarna-warni dengan bentuk-bentuk yang lucu.

’’Konsep dekoratif naif ini memang gaya menggambar seperti anak-anak,’’ terangnya. Konsep tersebut meriah dan sederhana. Aliran itu dia gabungkan dengan hal-hal yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. ’’Jadi, enggak melulu harus merespons hal-hal yang berat dan rumit,’’ sambungnya.

Begitu pula dengan pemilihan warna. Tidak harus selalu sesuai dengan warna asli benda tersebut. Hal itu terlihat jelas pada warna-warna pepohonan yang dia buat. Ada pohon yang dia warnai biru, lalu diberi bintik-bintik berwarna-warni.

Selain itu, jika dilihat lebih jelas, sebenarnya banyak warna dalam lukisan tersebut yang ditumpuk-tumpuk. Yakni, tidak benar-benar tergradasi, tapi perbedaan warnanya terlihat jelas. ’’Misalnya, di bagian tanah lukisan ini. Ini dari warna kuning, cokelat, oranye, dan hijau yang ditumpuk-tumpuk,’’ ucapnya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? SEPERTI ANAK-ANAK: Salah satu lukisan Untung Wahono yang dipamerkan di lobi Aryaduta Residences kemarin (29/8).
MARIYAMA DINA/JAWA POS SEPERTI ANAK-ANAK: Salah satu lukisan Untung Wahono yang dipamerkan di lobi Aryaduta Residences kemarin (29/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia