Jawa Pos

Duri Landak Plastik

-

FOTO yang satu ini sangat menyeramka­n. Tampak sekujur tubuh seorang pria yang tertancap duri-duri panjang. Mulai kepala, leher, lengan, hingga dada. Nyaris tidak ada celah untuk melihat wajah pria tersebut. Menurut informasi yang beredar, laki-laki itu terkena duri landak.

Foto tersebut beredar di Twitter beberapa hari lalu. Salah satu yang mengunggah­nya adalah pemilik akun When Animal Attack (@animalsand­fools) pada 28 Agustus 2019. Nama akun Twitter itu sangat mencermink­an apa yang dia unggah. ’’Don’t annoy a porcupine,’’ tulisnya.

Kalau memang benar korban serangan landak, entah harus berapa ekor hewan berduri itu yang telah menghajar pria tersebut. Yang menancap di wajah saja sangat banyak. Sementara di samping pria itu tampak ada piring penuh duri. Terkesan, ada orang yang sedang membantu dia mencabut satu per satu duri dari hewan pengerat itu.

Namun, anehnya, duri itu panjangpan­jang. Padahal, saat landak panik dan menyerang, tidak semua duri di tubuhnya dilepaskan. Mengutip situs wildlifeon­line.me.uk, panjang duri landak beragam, yakni 10–20 sentimeter. Sementara itu, duri landak di foto tersebut tampak lebih panjang.

Memanfaatk­an situs padanan gambar tineye.com, pria dalam foto yang diunggah akun When Animal Attack itu bukan korban serangan landak. Dia sedang terlibat dalam pembuatan karya seni di institut seni rupa di Tetouan, Maroko. Kanal YouTube milik Maroko News pernah mengunggah karya itu dan membubuhka­n keterangan bahwa penampilan ’’sang landak’’ Tetouan menjadi tontonan.

Foto serupa pernah diunggah portal berita berbahasa Arab, le360.ma. Disebutkan bahwa seorang mahasiswa telah membuat eksperimen karya seni di keramaian kota. Menurut berita yang terbit pada 16 April 2018 itu, mahasiswa tersebut menempelka­n duri plastik ke sekujur tubuh pemuda. Dia menyebutny­a ekspresi fisik dalam seni abstrak yang diajarkan di kelas.

Eksperimen itu ternyata tidak berlangsun­g lama. Seorang polisi lalu lintas menghentik­an aksi tersebut dan mengamanka­n si pemuda. Sebab, ulahnya membuat warga kota resah dan panik. Terutama saat melihat tubuh manusia penuh duri.

Sesaat sebelum dibebaskan, pemuda itu diinteroga­si pihak yang berwajib atas tindakanny­a pada Sabtu malam, 14 April 2018. Anda bisa membaca berita dan melihat aksi pemuda itu di: bit.ly/PraktikSen­i.

Foto tentang pemuda yang tubuhnya penuh duri itu bukan korban serangan landak. Melainkan proyek seni pertunjuka­n dari seorang mahasiswa institut seni rupa di Tetouan, Maroko.

 ??  ??
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia