Jawa Pos

PEROMBAKAN DIREKSI BUMN 2019

- Dirut BTN dan BRI Diisi Pejabat Sementara

JAKARTA, Jawa Pos – Perintah Presiden Joko Widodo yang melarang perombakan direksi BUMN hingga pelantikan pemerintah­an baru pada Oktober 2019 ternyata tidak digubris. Kementeria­n BUMN tetap ngotot merombak jajaran direksi perbankan pelat merah. Kemarin (30/8) giliran manajemen PT BNI Tbk yang dirombak.

Dalam RUPSLB, diputuskan memberhent­ikan komisaris BNI Marwanto Harjowiryo­no yang digantikan oleh Direktur Jenderal Keuangan Askolani. Marwanto kini digeser sebagai komisaris BTN. Sebelumnya, Askolani merupakan komisaris Bank Mandiri. Selain posisi komisaris, sejumlah jabatan direksi juga dirombak. Di antaranya, memberhent­ikan Catur Budi Harto dari direktur bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah dan jaringan.

Posisi tersebut digantikan Tambok P. Setyawati yang sebelumnya menjabat direktur bisnis konsumer BNI. Tak hanya itu, direktur keuangan BNI juga digeser dari Anggoro Eko Cahyo ke Ario Bimo. Anggoro dipindah sebagai direktur bisnis konsumer BNI. ’’Untuk memberikan pengalaman baru ke direksi,’’ papar Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Sementara itu, setelah penunjukan Suprajarto sebagai Dirut BTN yang kemudian memilih mundur, PT BRI Tbk saat ini tidak memiliki direktur utama (Dirut). Kini posisi Dirut di BRI diisi oleh pelaksana tugas (Plt), yaitu Sunarso. Plt tersebut akan mengisi kekosongan posisi Dirut hingga keputusan RUPSLB Senin mendatang. ’’Plt Pak Sunarso per hari ini (kemarin, Red),’’ kata Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultan Kementeria­n BUMN Gatot Trihargo kemarin. BRI diagendaka­n melakukan RUPSLB Senin dengan salah satu agenda penunjukan Dirut baru.

Sayang, dia enggan membenarka­n kabar yang beredar bahwa Wakil Dirut BRI Sunarso akan menduduki jabatan kosong BUMN Antam

Garuda Indonesia Telkom Indonesia PLN

BRI BTN BNI Pergantian

Direktur operasi

Direktur niaga

Direktur teknik dan layanan Direktur utama

Plt direktur utama

Plt direktur utama

Plt direktur utama

Direktur utama

Direktur utama

Direktur bisnis UMKM dan jaringan Direktur bisnis konsumer Direktur tresuri dan internasio­nal Direktur keuangan Direktur manajemen risiko

tersebut. ’’Saya belum tahu,’’ ungkapnya. Sementara itu, yang akan menjabat pelaksana harian Dirut Bank BTN adalah Direktur Commercial Banking Bank BTN Oni Febriarto Rahardjo. Gatot menyatakan, ada waktu 90 hari ke depan untuk menggelar RUPSLB. ’’Dalam anggaran dasarnya menyampaik­an seperti itu,’’ katanya.

Corporate Secretary BTN Achmad Chaerul menuturkan, manajemen menghormat­i keputusan mengenai perubahan pengurus Bulan April

April April April Mei Agustus Agustus Agustus Agustus perseroan. Sebab, hal tersebut merupakan kewenangan penuh dari pemegang saham. ’’Kami optimistis dengan formasi direksi saat ini dan dengan peran Pak Oni Febriarto Rahardjo untuk menjalanka­n tugas Dirut,’’ jelasnya.

Sebagai perusahaan terbuka, Chaerul menekankan bahwa Bank BTN taat asas dan sesuai dengan GCG akan menjalanka­n keputusan RUPSLB itu. Bisnis BTN akan tetap berjalan normal dengan dukungan seluruh pegawai untuk menjalanka­nnya.

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? PACU KINERJA: Achmad Baiquni (tengah) bersama Wakil Dirut BNI Herry Sidharta (kiri) dan Ario Bimo di Jakarta kemarin (30/8).
RAKA DENNY/JAWA POS PACU KINERJA: Achmad Baiquni (tengah) bersama Wakil Dirut BNI Herry Sidharta (kiri) dan Ario Bimo di Jakarta kemarin (30/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia