Jawa Pos

Tanpa Penghargaa­n Bukan Akhir Segalanya

-

KALAH itu menjengkel­kan. Apalagi, dua orang di kanan dan kirimu sudah mendapat kesempatan naik podium untuk mendapatka­n trofi dari UEFA. Dan, yang menambah level kejengkela­n menjadi berlipat adalah orang di kanan dan kiri yang sudah meraih trofi itu dengan entengnya bersalaman di depan wajahmu yang tak mendapat penghargaa­n apa pun.

Kira-kira itulah yang coba digambarka­n Give Me Sport di Grimaldi Forum, Monako, kemarin (30/8) tentang mimik wajah Cristiano Ronaldo. Bintang Juventus itu duduk dengan diapit Lionel Messi di sisi kanan dan Virgil van Dijk di bagian kiri sebagai nomine Pemain Pria Terbaik UEFA 2018–2019.

Selain acara pengundian fase grup Liga Champions 2019– 2020, acara penghargaa­n dari UEFA itu pun diselipkan. Untuk dua tahun beruntun, baik Messi maupun Ronaldo tak ada yang mencapai gelar pemain terbaik. Tahun lalu diraih gelandang Real Madrid Luka Modric dan tahun ini menjadi milik Van Dijk.

Perolehan suara bek Liverpool itu mencapai 305 suara. Jauh meninggalk­an Messi dengan 207 suara dan Ronaldo 74 suara. Gabungan suara MessiRonal­do bahkan tak sanggup menyamai perolehan suara Van Dijk yang juga memenangi predikat bek terbaik.

Sebelum kertas suara dibacakan oleh Presiden UEFA Aleksander Ceferin, Ronaldo dengan bangganya menunjukka­n bahwa dirinya bisa meraih tiga gelar tahun ini. Serie A dan Supercoppa Italiana bersama Juve serta UEFA Nations League dengan kostum timnas Portugal. Tapi, itu semua masih kalah oleh Van Dijk yang meneruskan tradisi pemenang pemain terbaik ialah mereka yang mengangkat trofi Liga Champions.

Messi pun masih terhibur dengan penghargaa­n striker terbaik. Ronaldo? CR7 tetap berkoar bahwa dirinya masih bisa berada di panggung penghargaa­n UEFA dua sampai tiga tahun ke depan. ”Saya masih terlihat bugar dalam usia saya saat ini. Jadi, orangorang yang membenciku akan terus melihatku ada di panggung ini,” kata Ronaldo.

Pemain 34 tahun itu juga mengungkap­kan, rivalitasn­ya dengan Messi adalah sesuatu yang luar biasa dalam sejarah sepak bola dunia. Dalam 15 tahun belakangan, keduanya selalu berdiri di panggung individu pesepak bola terbaik. ”Saya merindukan bisa bermain di Spanyol saat saya mendorongn­ya dan kadang dia mendorong saya,” kata mantan bintang Real tersebut.

Apa yang ingin Ronaldo lakukan bersama Messi? ”Berada dalam satu meja dan menyantap makan malam,” ucap pemilik rekor jumlah pengikut terbanyak di Instagram (181 juta pengikut) tersebut. bench giornata allenatore giornata Tutto Napoli, giornata allenatore

 ?? HAROLD CUNNINGHAM/UEFA ANDREAS SOLARO/AFP ANTONIO BALASCO/PACIFIC PRESS ?? TANPA GELAR: Cristiano Ronaldo bercanda dengan Lionel Messi di Grimaldi Forum, Monako, kemarin (30/8). IL CAPITANO: Ketangguha­n Giorgio Chiellini di benteng pertahanan Juventus bakal diuji oleh kegesitan winger Napoli Lorenzo Insigne dini hari nanti WIB (1/9).
HAROLD CUNNINGHAM/UEFA ANDREAS SOLARO/AFP ANTONIO BALASCO/PACIFIC PRESS TANPA GELAR: Cristiano Ronaldo bercanda dengan Lionel Messi di Grimaldi Forum, Monako, kemarin (30/8). IL CAPITANO: Ketangguha­n Giorgio Chiellini di benteng pertahanan Juventus bakal diuji oleh kegesitan winger Napoli Lorenzo Insigne dini hari nanti WIB (1/9).
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia