Jawa Pos

Ferrari Hanya Cepat di Satu Lap, Mercedes Masih Terbaik

-

STAVELOT, Jawa Pos – GP Belgia akhir pekan ini menjadi etalase hasil pengembang­an mesin sepanjang jeda musim panas. Semua pabrikan membawa upgrade besar sampai merelakan sejumlah pembalapny­a menerima penalti. Dari hasil latihan hari pertama kemarin (31/8), tampak Mercedes masih menjadi yang terbaik.

Ferrari memang menguasai dua sesi latihan bebas sebagai yang tercepat. Pada FP1, Sebastian Vettel menjadi yang tercepat dengan torehan 1 menit 44,574 detik. Leclerc berada di posisi kedua, terpaut 0,214 detik. Posisi 3-4 diamankan dua pembalap Red Bull, Max Verstappen dan Alexander Albon. Tetapi, pada sesi tersebut, dua pembalap Mercedes yang berada di posisi 5-6 meraih waktu terbaiknya dengan menggunaka­n ban medium. Sedangkan empat rider tercepat tersebut memasang set ban soft.

Pada sesi sore, giliran Charles Leclerc yang memuncaki daftar pembalap tercepat. Pembalap Monako itu mempertaja­m waktunya menjadi 1 menit 44,123 detik. Sedangkan Vettel berada di belakangny­a terpaut 0,630 detik. Pada sesi tersebut, dua pembalap Mercedes, Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton, menempel ketat.

Mercedes bersama tim customer mereka, Williams dan Racing Point, menggunaka­n mesin baru spec 3 di Sirkuit Spa-Francorcha­mps. Team Principal Mercedes Toto Wolff mengatakan, teknisi bekerja ekstrakera­s untuk mendapatka­n peningkata­n sepanjang jeda musim panas. Di antara enam pembalap yang menggunaka­n mesin Mercedes, hanya pembalap Racing Point Lance Stroll yang mendapat penalti turun lima grid. Sebab, sudah melampaui jatah pergantian mesin.

’’Pengujian di pabrik menunjukka­n peningkata­n performa dan ketahanan,’’ ujar juru bicara Tim Silver Arrows sebagaiman­a dikutip Inside Racing.

Tetapi, kenyataann­ya berbeda. Hamilton menegaskan, tidak ada perubahan signifikan yang dirasakann­ya dari model sebelumnya.

Sedangkan Honda membawa dua mesin anyar untuk Alexander Albon di Red Bull dan Daniil Kyat di Toro Rosso akhir pekan ini. Akibatnya, keduanya harus diganjar penalti start dari posisi belakang pada balapan besok. Tentunya posisi start tersebut akan disesuaika­n lagi hari ini setelah hasil kualifikas­i diketahui.

Verstappen yang mendapat jatah mesin baru di GP Italia pekan depan mengatakan, Ferrari bakal sulit dikalahkan di Belgia. Sama-sama menggunaka­n ban soft, pembalap Red Bull itu tertinggal 1,2 detik oleh peraih waktu tercepat di FP2. ’’Saya rasa Ferrari terlalu jauh untuk dikejar. Kami berupaya untuk mendekat ke Mercedes,’’ ujarnya.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? Djamhuron P. Wibowo Ketut Suwandi BUAT APA?: Pembalap BMX Jawa Timur Wiji Lestari tampil di Kejurnas Pra-PON XX/2020 di BMX Internatio­nal Track Jakarta (6/7).
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS Djamhuron P. Wibowo Ketut Suwandi BUAT APA?: Pembalap BMX Jawa Timur Wiji Lestari tampil di Kejurnas Pra-PON XX/2020 di BMX Internatio­nal Track Jakarta (6/7).
 ?? JUN QIAN/JAWA POS ?? JANGAN PHP: Bintang muda Ferrari Charles Leclerc menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas kedua GP Belgia di Sirkuit Spa-Franchorch­amps tadi malam WIB.
JUN QIAN/JAWA POS JANGAN PHP: Bintang muda Ferrari Charles Leclerc menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas kedua GP Belgia di Sirkuit Spa-Franchorch­amps tadi malam WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia