Jawa Pos

Percepat Akses ke Borobudur

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pemerintah akan membangun akses dari Kulonprogo, Jogjakarta, ke kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tujuannya, memperpend­ek waktu tempuh dari Yogyakarta Internatio­nal Airport (YIA). ”Ini banyak alternatif. Pak Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Purworejo ada usulan juga. Saya kira, masukan-masukan yang ada sangat-sangat baik dan nantinya akan segera kita putuskan setelah studi lapanganny­a selesai,” tutur Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sela kunjungan ke Borobudur kemarin.

Borobudur merupakan satu di antara empat destinasi wisata prioritas Indonesia tahun ini. Tiga lainnya adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

”Harus terus dipercepat. Ini juga berkaitan dengan selesainya Bandara Internasio­nal Yogyakarta (YIA) yang diharapkan bulan Maret 2020 telah bisa digunakan secara penuh,” ujar Jokowi yang kemarin bersepeda mengelilin­gi kawasan Borobudur bersama Ibu Negara Iriana.

Setelah akses itu tuntas, Jokowi ingin tata ruang, tata kelola, dan manajemen dibenahi. Rencana induk dan rencana detail pengembang­an kawasan wisata Borobudur segera diselesaik­an dan ditetapkan.

Selama berada di lapangan, Jokowi menyoroti pengembang­an kawasan yang lambat. ”Masih sangat banyak hal yang perlu dikerjakan di kawasan sekitar Candi Borobudur. Saya akan memantau di lapangan, meminta laporan berkala tiap tiga bulan,” jelasnya.

Dia berharap empat destinasi wisata prioritas Indonesia di tahun ini tersebut segera rampung. ”Kita harapkan di akhir 2020 produk ini betul-betul siap untuk dipromosik­an besar-besaran,” lanjut Jokowi.

 ?? SETPRES ?? DESTINASI: Jokowi di sela kunjungan ke Borobudur kemarin.
SETPRES DESTINASI: Jokowi di sela kunjungan ke Borobudur kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia