Jawa Pos

Box Culvert HR Muhammad Rampung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan box culvert di Jalan Raya HR Muhammad hingga Jalan Raya Prada Jaya I berakhir minggu depan. Termasuk proses penyelesai­an jalur pedestrian. Salah satu tahap finishing yang sedang dikerjakan adalah mengembali­kan bekas galian box culvert. Misalnya, kemarin siang (30/8) di depan Apartemen Puri Matahari pelaksana proyek mengaspal kembali jalan yang sebelumnya jadi tempat galian. ”Kami kembalikan jalan seperti semula,” kata Bob Sandy, manajer pengerjaan box culvert HR Muhammad dari PT Marga Perkasa, kemarin.

Sandy menuturkan, pembanguna­n tinggal tahap finishing. Tidak sampai seminggu, aktivitas proyek tidak akan ada lagi. Sekarang hanya merapikan beberapa titik pengerjaan. Salah satunya pengaspala­n jalan. Nah, diaspalnya kembali jalan tersebut bisa menampung kendaraan dari timur.

Jalan selebar 4,5 meter itu bisa membantu mengurangi kemacetan. Menurut dia, untuk pengaspala­n sepanjang 40 meter tersebut, setidaknya dibutuhkan 45 ton aspal. ”Proses ini cepat. Nggak butuh waktu lama,” terangnya.

Proyek box culvert HR Muhammad dikerjakan sejak tiga bulan lalu. Pengerjaan­nya dimulai dari kantor Kecamatan Dukuh Pakis ke arah barat hingga pertigaan Jalan Raya Prada Jaya I sepanjang 500 meter. Usman, seorang pengguna jalan, mengatakan bahwa jalan yang sudah diaspal tersebut mampu mengurangi kepadatan lalu lintas meski tidak signifikan. Sebab, kemacetan jalan di patung kuda itu imbas dari mobil yang parkir sembaranga­n di depan SMP Kristen Petra I.

Apalagi, lanjut dia, mobil yang parkir itu memakan dua lajur. Akibatnya, kendaraan dari timur harus bergantian. Ditambah lagi, di area tersebut terdapat persimpang­an jalan. ”Kalau volume mobil tinggi, macetnya ya bisa sampai underpass,” ujarnya.

 ?? ALIFIAN RIZAL/JAWA POS ?? FINISHING: Pekerja merapikan aspal yang melapisi box culvert di HR Muhammad kemarin.
ALIFIAN RIZAL/JAWA POS FINISHING: Pekerja merapikan aspal yang melapisi box culvert di HR Muhammad kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia