Jawa Pos

Harus Rajin Update Kepadatan Jalan

Kaji Jalur Pengerjaan Pipa Umbulan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan untuk jaringan pipa Surabaya terus dikerjakan PT PGN Solution. Di Surabaya Barat, beberapa titik bakal tersambung dalam waktu dekat. Pengerjaan pipa di Jalan Mayjen Yono Suwoyo sudah melewati bundaran depan Spazio dan Pakuwon Mall. Pengerjaan dilanjutka­n hingga bundaran depan Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) Lidah Wetan dan akan disambung dengan titik pipa yang baru saja ditanam di Jalan Citraraya Unesa.

Karena jalur penanaman pipa mengikuti jalan dan bakal bersinggun­gan langsung dengan arus lalu lintas (lalin), Polsek Wiyung mengkaji untuk melakukan rekayasa lalin di sepanjang Jalan Mayjen Yono Suwoyo.

Kapolsek Wiyung Kompol M. Rasyad mengatakan, secara umum pihaknya mengantisi­pasi sejak dini potensi kemacetan di sekitar jalan yang bakal dilalui pengerjaan proyek tersebut. Pihaknya menurunkan personel khusus untuk mengurai kepadatan di sekitar lokasi pada jam-jam sibuk. Pada jam lain, pelaksana proyek menyiapkan petugas yang stand by di sekitar lokasi pengerjaan.

Untuk penggalian pipa yang crossing di Jalan Yono Suwoyo arah PTC, pihaknya akan melakukan rekayasa lalin dengan tetap menutup bundaran. Selain itu, mempertimb­angkan kondisi pengerjaan dan lalu lintas kendaraan. Jika bisa dibuka semua lajur, tidak akan dilakukan sistem buka tutup.

Meski demikian, sistem buka tutup lajur tetap disiapkan sebagai antisipasi. ”Kami kaji kondisi lalin dan akan mengadakan pertemuan lanjutan dengan pelaksana proyek dulu,” ujar Rasyad.

Dia menambahka­n, bundaran Unesa yang saat ini ditutup belum bisa dibuka hingga pengerjaan SPAM Umbulan tuntas. Rasyad masih menunggu kepastian pengerjaan proyek di kawasan itu rampung. ”Selama pengerjaan itu, pengendara harus pandaipand­ai update informasi kepadatan lalin sebelum melakukan perjalanan dan jika memungkink­an, gunakan jalur alternatif,” tambah perwira dengan satu melati di pundak itu.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? BELUM DIBUKA: Pengendara roda dua berputar di bundaran Unesa yang ditutup sementara seiring pengerjaan SPAM Umbulan kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS BELUM DIBUKA: Pengendara roda dua berputar di bundaran Unesa yang ditutup sementara seiring pengerjaan SPAM Umbulan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia