Jawa Pos

Taman Memorial Dibangun Bertahap

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n Taman Memorial di area Hutan Kota Balasklump­rik mencapai 60 persen. Dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) menargetka­n taman tersebut sudah bisa dimanfaatk­an warga sekitar Oktober mendatang.

Taman Memorial dibangun di atas area 44.560 meter persegi Hutan Balasklump­rik. Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Rochim Yuliadi menyatakan, khusus untuk taman, luasnya hanya 11.686 meter persegi. ’’Sekarang pembuatan pola jalur pedestrian taman,’’ ucapnya kemarin sore (30/8).

Pola jalur pedestrian yang dibuat juga unik. Bentuknya menyerupai segi enam. Menurut dia, area segi enam yang diberi nama Plaza Heksagonal itu bakal memiliki beberapa ornamen pendukung yang cantik. Misalnya, motif bunga yang dicat beraneka warna. Di setiap sudut sisi luar Plaza Heksagonal tersebut akan dilengkapi beberapa fasilitas penunjang seperti beberapa tempat duduk, tempat bermain anak, dan rumah baca. ’’Di bagian tengah plaza akan dibangun air mancur. Tapi, pembanguna­nnya masih bertahap,’’ ucap alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember itu.

Pembanguna­n yang sekarang merupakan tahap paling awal. Proyek tersebut dikerjakan CV Wahyu Sentosa dengan anggaran sekitar Rp 1,35 miliar. Pembuatan tahap pertama itu ditargetka­n selesai dua bulan mendatang. Rochim menjelaska­n, karena anggaran terbatas, maka pengerjaan saat ini hanya fokus pada pembuatan Plaza Heksagonal serta landscape di sekitarnya. Termasuk pembuatan taman.

Sementara itu, fasilitas penunjang lain seperti air mancur di tengah plaza atau di bagian luar akan dibangun pada tahap kedua. Termasuk Broadband Learning Center (BLC) yang difungsika­n untuk tempat belajar komputer bagi para pengunjung.

Taman aktif di belakang kantor Kelurahan Balasklump­rik tersebut juga memiliki ikon khusus. Yakni, batu prasasti. Sesuai namanya, monumen itu dibangun untuk mengenang beberapa momen penting yang pernah digelar di Surabaya. ’’Nanti juga ada semacam cap tangan di sana,’’ katanya.

 ??  ?? UNTUK PEJALAN KAKI: Pekerja menyelesai­kan ornamen di Plaza Heksagonal di Taman Memorial kemarin (30/8).
UNTUK PEJALAN KAKI: Pekerja menyelesai­kan ornamen di Plaza Heksagonal di Taman Memorial kemarin (30/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia