Jawa Pos

Lampu Baru di Jalan Panggung

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wajah Jalan Panggung tampak berbeda kemarin (30/8). Terutama sisi selatan. Ada pemasangan lampu hias di sana. Dari pengamatan Jawa Pos, kemarin baru dua lampu yang dipasang.

Bentuk lampunya tinggi-besar dengan ornamen lekukan yang rumit. Warnanya tembaga. Berat satu lampu tersebut sekitar 100 kilogram. Dibutuhkan 15 orang untuk memasangny­a. Lampu itu sudah dinyalakan Kamis malam (29/8) dengan menggunaka­n mesin genset. Nanti ada lebih dari 50 lampu serupa yang dipasang di Jalan Panggung.

Dosen sejarah Universita­s Airlangga Purnawan Basundoro memberikan pendapatny­a mengenai pemilihan lampu itu. ”Ukurannya terlalu besar dan gemuk. Tiangnya terlalu rumit. Ukiran tumbuhan dalam tiang juga kurang pas,’’ katanya.

Ornamen pada lampu hias itu dianggap belum mewakili unsur kawasan perdaganga­n yang multietnis. Dia menyatakan, lampu yang dipasang seharusnya lebih ramping dan tinggi. Dia mengacu pada lampu-lampu gaslantaar­n Surabaya tempo doeloe.

Bukan hanya itu, lampu di Jalan Panggung dianggapku­rangpasden­gankondisi­jalanyang sempit.”Butuhlampu­yangrampin­gdantinggi. Ornamennya­sepertiitu(yangterpas­angsekaran­g, Red) untuk ruang yang space-nya luas.”

Meski demikian, pihak dinas perumahan rakyat dan kawasan permukiman cipta karya dan tata ruang (DPRKP CKTR) mengaku tidak asal memasang lampu hias di Jalan Panggung tersebut. Itu mengacu lampu hias di kawasan Menara Eiffel, Paris.

Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman­DPRKPCKTRM­uhammadTau­fik Siswanto menjelaska­n, lampu hias di Jalan Panggungdi­desainkhus­us.”Pesannyadi­Klaten,” katanya. Lampu itu menyesuaik­an keinginan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i.

Harga setiap unit lampu itu Rp 18 juta. Untuk tahap awal, dipasang 21 lampu dan ditarget selesai 1–2 minggu ke depan.

 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? TINGGI-BESAR: Lampu hias di Jalan Panggung dibuat mirip bentuk lampu di kawasan Menara Eiffel, Paris.
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS TINGGI-BESAR: Lampu hias di Jalan Panggung dibuat mirip bentuk lampu di kawasan Menara Eiffel, Paris.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia