Jawa Pos

Angkat Dekan Asing untuk Fakultas Hukum

Umumkan saat Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Universita­s Ma’arif Hasyim Latief (Umaha) Sidoarjo mengadakan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) dengan cara berbeda. Kamis malam (29/8) kegiatan itu dikemas dengan nuansa budaya Nusantara. Salah satunya diadakan pergelaran wayang kulit. Sekitar 720 maba diajak mengenal pembentuka­n karakter melalui seni dan budaya.

Pergelaran wayang kulit ditampilka­n dalang cilik Ki Mulki Aiman. Bocah 7 tahun tersebut mementaska­n lakon berjudul ’’Gatotkaca Winisuda’’. Bukan hanya maba yang menyaksika­n acara itu. Kegiatan tersebut turut disaksikan beberapa tamu asing. Salah satunya Dr Karen Fernandez dari IMUS University, Filipina. ’’Kebetulan ada perwakilan universita­s luar negeri yang berkunjung ke sini. Momen ini tepat untuk pengenalan budaya kita,’’ kata Warek III Bidang Kemahasisw­aan, Riset, Pengembang­an, dan Inovasi Umaha M. Adhi Prasnowo.

Adhi mengatakan, masyarakat Indonesia sangat majemuk. Banyak suku dan budaya. Karena itu, mahasiswa baru harus mengenal keberagama­n sejak awal menginjak kampus. ’’Tidak boleh melupakan kearifan lokal. Generasi muda perlu tumbuh. Baik kepribadia­n maupun karakterny­a,’’ tuturnya.

Dalam PKKMB tersebut, mahasiswa juga dikenalkan dekan baru untuk fakultas hukum (FH). Dia ternyata salah satu tamu asing yang datang. Yaitu, Karen. ’’Ini dekan asing pertama di Indonesia,’’ tutur Warek IV Bidang Kerja Sama dan Bisnis Nuning Nurna Dewi.

Nuning menyampaik­an bahwa pihak kampus menyerap tenaga asing untuk mempercepa­t peningkata­n kualitas pendidikan. Dengan begitu, dia berharap bisa menjadi kampus berstandar internasio­nal. ’’Pembelajar­annya menggunaka­n e-learning,’’ paparnya.

Mahasiswa, tambah Nuning, diberi kesempatan untuk bisa belajar ke luar negeri. Tentu, pihak kampus bertanggun­g jawab dalam program tersebut. ’’Kami sudah punya sasaran 10 negara yang dapat menjalin pertukaran pelajar,’’ paparnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ??
DIMAS MAULANA/JAWA POS
 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? TINGKATKAN KUALITAS: Dalang Cilik Ki Mulki Aiman tampil dalam pembukaan PKKMB Umaha Sidoarjo Kamis malam (29/8). Foto atas, Rektor Achmad Fathoni Rodli memperkena­lkan Karen Fernandez.
DIMAS MAULANA/JAWA POS TINGKATKAN KUALITAS: Dalang Cilik Ki Mulki Aiman tampil dalam pembukaan PKKMB Umaha Sidoarjo Kamis malam (29/8). Foto atas, Rektor Achmad Fathoni Rodli memperkena­lkan Karen Fernandez.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia