Jawa Pos

CAK GUNDUL JANGAN MANDUL

-

Assist Keypass Tembakan Intersep Sapuan Dribel Tekel Offside Kartu kuning Kartu merah Liga 1

Pekan Ke-17

Sabtu, 31 Agustus 2019 Bhayangkar­a FC vs Persebaya

(Indosiar/UseeSports pukul 15.30 WIB) Arema FC vs PSIS

(Indosiar/UseeSports pukul 18.30 WIB)

F1 Premier League Bundesliga

Spieltag Ketiga Sabtu, 31 Agustus 2019 Bayern Muenchen vs Mainz 05

(Fox Sports 3 pukul 20.30 WIB) Union Berlin vs Borussia Dortmund

(Fox Sports 3 pukul 23.30 WIB)

310 187 355 327 37 3

GP Belgia (Sirkuit Spa-Francorcha­mps) Sabtu, 31 Agustus 2019 Latihan Bebas 3 & Kualifikas­i

(Fox Sports 2 pukul 17.00 WIB & pukul 19.30 WIB) Matchweek Keempat

Sabtu, 31 Agustus 2019 Southampto­n vs Manchester United

(Mola Webb & App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 18.30 WIB)

Manchester City vs Brighton & Hove Albion

(TVRI Nasional/TVRI Sport HD/Mola Web & App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 21.00 WIB)

Chelsea vs Sheffield United

(Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 21.00 WIB)

Crystal Palace vs Aston Villa

(Mola Web & App/Mola Polytron Streaming pukul 21.00 WIB)

Leicester City vs Bournemout­h

(Mola Polytron Streaming pukul 21.00 WIB)

Newcastle United vs Watford

(Mola Polytron Streaming pukul 21.00 WIB)

West Ham vs Norwich City

(Mola Polytron Streaming pukul 21.00 WIB)

Burnley vs Liverpool

(Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 23.30 WIB)

La Liga

Jornada Ketiga Sabtu, 31 Agustus 2019 Osasuna vs FC Barcelona

(beIN Sports 1 pukul 22.00 WIB)

Minggu, 1 September 2019 Getafe vs Alaves

(beIN Sports 1 pukul 00.00 WIB)

Real Betis vs Leganes

(beIN Sports 1 pukul 02.00 WIB)

AS Terbuka

Hari Keenam

Sabtu, 31 Agustus 2019 Babak 32 Besar

(Fox Sports/Fox Sports 2 pukul 22.00 WIB & Eurosport 1/Eurosport 2 pukul 23.00 WIB)

Serie A

Giornata Kedua Sabtu, 31 Agustus 2019 AC Milan vs Brescia

(beIN Sports 2 pukul 23.00 WIB) Minggu, 1 September 2019 Juventus vs Napoli

(beIN Sports 2 pukul 01.45 WIB)

BEKASI, Jawa Pos – Bukan hanya kemenangan yang dirindukan. Bonek juga sangat merindukan gol serta aksi ciamik dari David da Silva. Nah, kerinduan itu bakal terobati sore nanti. David da Silva siap diturunkan saat Persebaya Surabaya menghadapi tuan rumah Bhayangkar­a FC di Stadion Patriot Candrabhag­a, Bekasi.

Pemain asal Brasil tersebut memang menjadi tumpuan di lini depan setelah hengkangny­a Amido Balde. Pelatih karteker Persebaya Bejo Sugiantoro pun menaruh harapan yang sama. Karena itu, Bejo tak ragu menjadikan pemain berusia 29 tahun tersebut sebagai starter sore nanti. ’’Semoga dengan hadirnya David bisa membantu masalah produktivi­tas Persebaya. Yang dibutuhkan Persebaya ya sosok pemain satu ini,’’ papar Bejo. ’’Kalau dia tidak starter, nanti Bonek malah marah,’’ lanjutnya.

Selain itu, dari beberapa kali latihan, banyak efek positif yang ditularkan Cak Gundul, sebutan Bonek buat David da Silva. Selain semangat dan motivasi yang meningkat, ilmu baru yang dibawa pria asli Sao Paulo tersebut adalah masalah kedisiplin­an. ’’Itu ditularkan ke anak-anak. Ketika ada yang bercanda saat latihan, David selalu menegur.

Itu perbedaan David yang dulu dan sekarang,’’ ucapnya.

David menyadari besarnya ekspektasi Bonek dan Persebaya 433 terhadap dirinya. ’’Kalau saya boleh milih, saya mau cetak gol dan Persebaya menang. Saya sudah bekerja keras, 100 persen akan saya berikan. Semoga hasil yang terbaik besok bisa saya berikan,’’ papar David. Persebaya juga mendapat energi baru di sektor pertahanan. Otavio Dutra sudah ikut berlatih bersama tim kemarin (30/8). Dia meninggalk­an training camp (TC) timnas Indonesia karena proses administra­si untuk naturalisa­sinya belum selesai. Tapi, tetap saja, Persebaya tak bisa turun full team. Sebab, Ruben Sanadi, Hansamu Yama, dan Irfan Jaya masih mengikuti TC timnas. Full back Novan Setya Sasongko juga harus absen karena menemani istrinya yang melahirkan. Untuk Ruben, ada harapan dia bisa bergabung. Apalagi, nama 433 Ruben terdaftar dalam 18 pemain yang dibawa ke Bekasi.

Apakah Wolfgang Pikal dan Alfred Riedl ikut memberikan masukan soal strategi lawan Bhayangkar­a FC? Bejo tidak menampikny­a. Dia membenarka­n bahwa ada beberapa masukan dari keduanya, terutama dari Pikal yang sudah bertemu serta berdiskusi soal Bhayangkar­a FC. ’’Dia (Pikal) memberi tahu apa kelebihan dan kekurangan lawan. Saya juga buka semua kondisi tim (Persebaya) seperti apa sekarang,’’ paparnya.

Pelatih karteker Bhayangkar­a FC Yeyen Tumena menjelaska­n, kehadiran David memang bakal memberikan warna berbeda terhadap Persebaya. ’’Tahu sendiri musim lalu, David predator Persebaya, pernah juga jadi bagian kami. Jadi, kami akan waspadai,” kata Yeyen. ”Tapi, bukan hanya David, semua pemain Persebaya. Karena Persebaya bermain kolektif,” tuturnya.

Antisipasi Bola Mati Anderson Salles memang bek tengah di Bhayangkar­a FC. Namun, sudah lima gol dicetaknya di Liga 1 2019. Bahkan, empat di antaranya dari hasil tendangan bebas akurat dari luar kotak penalti.

Tentu hal tersebut jadi perhatian khusus bagi Persebaya. Bisa jadi eksekusi bola mati jadi ancaman. Karena itu, pelatih kiper Green ForceM.Hadisengaj­amemberika­n latihan khusus kepada Miswar Saputra dalam official training di Stadion Patriot Candrabhag­a, Bekasi, kemarin pagi (30/8).

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? DENDY SULISTYAWA­N DAVID DA SILVA
ANGGER BONDAN/JAWA POS DENDY SULISTYAWA­N DAVID DA SILVA
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS Stadion ?? Gol Kebobolan Save 5 27 34 2 89 23 87 70 9 20 INCAR HAPPY ENDING: Rendi Irwan (kanan) dan gelandang Bhayangkar­a FC Flavio Jr sama-sama mengincar kemenangan akhir putaran pertama sore nanti.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS Stadion Gol Kebobolan Save 5 27 34 2 89 23 87 70 9 20 INCAR HAPPY ENDING: Rendi Irwan (kanan) dan gelandang Bhayangkar­a FC Flavio Jr sama-sama mengincar kemenangan akhir putaran pertama sore nanti.
 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? KAMI HAUS GOL KAMU: David da Silva sebelum mengikuti latihan resmi di Stadion Patriot Candrabhag­a, Bekasi, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS KAMI HAUS GOL KAMU: David da Silva sebelum mengikuti latihan resmi di Stadion Patriot Candrabhag­a, Bekasi, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia