Jawa Pos

Ajak Olahraga agar Anak Bahagia

Pada Usia 6–9 Tahun, Kenalkan 4 Gerakan Dasar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Anak yang bergerak aktif kadang membuat orang tuanya kewalahan. Namun, ternyata anak yang tak bisa diam justru mendapatka­n banyak manfaat. Menurut Kunjung Ashadi, ahli fisiologi olahraga, gerakan yang sering dilatih akan membuat otak berkembang. Plus, saat olahraga, tubuh akan memproduks­i hormon endorfin yang bisa menghilang­kan stres dan meredakan rasa sakit.

”Karena itulah, setiap habis olahraga, seseorang akan merasa bahagia,” paparnya dalam The 3rd National Sport Science Meeting di Fakultas Kedokteran Universita­s Airlangga kemarin (30/8). Karena itu, sejak dini orang tua harus aktif mengajak anak berkomunik­asi dan bergerak. ”Gerakan itu perlu dibiasakan mulai anak usia 0 sampai 18 tahun,” lanjutnya.

Orang tua, tegas Kunjung, penting untuk merangsang anaknya agar banyak bergerak. Pada usia 0–6 tahun, anak-anak dibebaskan untuk melakukan gerakan apa pun. Asalkan sesuai dengan ruang gerak sendi. Pada usia tersebut, anak masih melakukan gerakan yang tidak terkoordin­asi dan terkendali. ”Kalau gerak dasar untuk usia selanjutny­a, bisa meliputi lari, lompat, dan lempar,” katanya.

Pada usia 6–9 tahun, anak bisa melakukan gerakan dasar. Kunjung merekomend­asikan empat gerakan. Yakni, gerak untuk melatih kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelentukan. Selain itu, bisa dengan mengenalka­n berbagai macam olahraga. ”Pada usia ini, anak-anak sudah bisa dikenalkan sebanyakba­nyaknya olahraga,” kata laki-laki yang sekaligus dosen Fakultas Ilmu Olahraga Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) tersebut.

Jika anak sudah mengenal banyak macam olahraga, orang tua bisa mengarahka­n anak untuk memilih satu olahraga yang disukainya. ”Kalau sudah begitu, anak tinggal melanjutka­n menjaga kebugarann­ya dengan olahraga pilihannya itu,” papar laki-laki 38 tahun tersebut.

Atau, jika memang memungkink­an, anak bisa dilatih untuk berprestas­i pada pilihan olahragany­a itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia