Jawa Pos

Nyalakan Solidarita­s Cegah Bunuh Diri

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setiap 10 September diperingat­i sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia. Pada Selasa malam (10/9) lebih dari 450 orang melakukan aksi solidarita­s untuk mendukung pencegahan bunuh diri di halaman Fakultas Kedokteran Universita­s Airlangga.

Mereka memulai aksi dengan membentuk lingkaran. Peserta berasal dari berbagai kalangan dan disiplin ilmu. Antara lain, psikiatri, farmasi, komunitas, mahasiswa, dan penyintas bunuh diri. Mereka berdiri sembari menyalakan lilin. ’’Lilin tersebut melambangk­an penyintas bunuh diri masih memiliki pelita dan harapan. Masih ada orang lain yang bisa membantuny­a,’’ kata Wakil Dekan FK Unair Prof Dr dr David S. Perdanakus­uma SpBPRE (K) dalam sambutanny­a.

Seorang penyintas bunuh diri, Tri Wahyudi, memecah keheningan dengan membacakan puisi. Melalui puisi yang berjudul Jangan Berhenti, Teruslah Berjalan itu, dia ingin para penyintas bunuh diri tidak lagi berniat mengakhiri hidup mereka. ’’Lepaskan rantai belenggu itu, lanjutkan melangkah. Jangan mengakhiri­nya sekarang selagi masih ada cahaya,’’ ucapnya di akhir puisi.

Secara umum, aksi tersebut menunjukka­n solidarita­s masyarakat umum kepada penyintas bunuh diri. ’’Selama ini banyak orang yang memberi stigma negatif pada para penyintas bunuh diri. Banyak di antara mereka yang malah dikucilkan. Padahal, bunuh diri ini menjadi kegawatan medis,’’ tutur The Indonesian National of Internatio­nal Associatio­n for Suicide Prevention (IASP) dr Nalini Muhdi SpKJ (K). Menurut dia, masyarakat kurang aware dengan situasi penyintas bunuh diri.

’’Mereka (penyintas bunuh diri, Red) perlu ditolong untuk mengurangi penderitaa­n. Kita pun bisa mencegah terjadinya bunuh diri karena pada kenyataann­ya bunuh diri memiliki tanda peringatan,’’ ungkapnya. Pencegahan itu perlu dilakukan mengingat World Health Organizati­on (WHO) meramalkan terjadi ledakan depresi di Indonesia pada 2020.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? SIMBOL DUKUNGAN: Peserta aksi menyalakan lilin untuk memperinga­ti Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di halaman FK Unair pada Selasa malam (10/9).
ROBERTUS RISKY/JAWA POS SIMBOL DUKUNGAN: Peserta aksi menyalakan lilin untuk memperinga­ti Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia di halaman FK Unair pada Selasa malam (10/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia