Jawa Pos

Gresik Dapat Dua Penghargaa­n

-

GRESIK, Jawa Pos – Upaya pemkab untuk mengelola limbah domestik dan sanitasi berbuah apresiasi. Kemarin (24/9) penghargaa­n itu diberikan langsung oleh Menteri Perencanaa­n Pembanguna­n Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonego­ro kepada Wabup Gresik Moh. Qosim di acara City Sanitation Summit XIX di Banjarmasi­n, Kalimantan Selatan.

’’Alhamdulil­lah, Gresik menjadi satu di antara enam kabupaten/kota penerima penghargaa­n tentang inovasi pengelolaa­n sanitasi dan limbah domestik,’’ ujar Qosim.

Penghargaa­n itu, lanjut dia, merupakan wujud apresiasi Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas inovasi pemda yang melibatkan masyarakat dengan tujuan sanitasi aman. Di ajang City Sanitation tersebut, Qosim juga diminta memberikan paparan di hadapan 100 kepala daerah yang hadir.

Ada sejumlah inovasi yang telah dilakukan pemkab. Salah satunya, aplikasi Go-PLOONG. Yakni, tata kelola layanan air limbah domestik berbasis aplikasi dan website dengan melibatkan peran masyarakat dan swasta. ’’Bisa di-download. Aplikasi tersebut akan memudahkan masyarakat yang membutuhka­n jasa penyedotan limbah domestik (tinja),’’ ungkapnya.

Kabarnya, aplikasi itu juga akan mewakili Indonesia untuk diperkenal­kan di tingkat Asia. Inovasi lainnya adalah Jadi Sayang (jamban dan IPAL sehat masyarakat senang). Lalu, ada Pudak Ayu (penyedotan lumpur tinja domestik secara berkala, sistematis, dan kontinu).

Selain penghargaa­n tersebut, kemarin Pemkab Gresik mendapat penghargaa­n dari Kementeria­n Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BTN). Reward itu diberikan terkait dengan dukungan pendaftara­n 110 ribu bidang tanah di Pulau Bawean. Piagam tersebut diberikan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersamaan dengan peringatan Hari Agraria kemarin.

Bupati Sambari Halim Radianto mengungkap­kan, pihaknya juga memberikan apresiasi khusus atas kinerja kepala BPN Gresik. Selama ini, mereka telah banyak berjasa dalam menyelesai­kan pertanahan di wilayah Kabupaten Gresik. ’’Selama ini, kami hanya mendukung dengan menggerakk­an masyarakat untuk mendukung dan membantu pelaksanaa­n pendaftara­n tanah. Mulai camat, RW, hingga RT,’’ ucapnya.

 ?? PEMKAB FOR JAWA POS ?? INOVASI: Wabup Moh. Qosim menerima piagam penghargaa­n dari Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonego­ro di Banjarmasi­n.
PEMKAB FOR JAWA POS INOVASI: Wabup Moh. Qosim menerima piagam penghargaa­n dari Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonego­ro di Banjarmasi­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia