Jawa Pos

OBROLAN DUA PRESIDEN

-

Percakapan rahasia Donald Trump dan Volodymyr Zelensky akhirnya terkuak. Obrolan itu pun memicu skandal yang berujung ke usul pelengsera­n Trump. Berikut petikannya.

Selamat atas kemenangan Anda.

Terima kasih, saya belajar dari Anda. Kami berusaha untuk mengganti pemerintah dan Anda guru yang terbaik untuk itu.

Kami sudah berbuat banyak untuk Ukraina. Tidak seperti Jerman yang bicara, tapi tak bertindak. Bukannya berharap ada balasan, tapi AS sudah sangat baik terhadap Ukraina.

Bukan hanya 100 persen. Anda 1.000

persen benar. Dan kami siap bekerja sama di masa mendatang.

Saya ingin Anda membantu kami untuk tahu situasi tentang Crowdstrik­e. Saya ingin jaksa agung menelepon Anda dan orang-orang Anda.

Kami siap untuk membuka lembaran kerja sama baru. Baru-baru ini asisten saya berbicara dengan Giuliani (pengacara pribadi Trump, Rudy Giuliani, Red).

Giuliani adalah orang yang terhormat. Saya ingin dia menelepon Anda bersama dengan jaksa agung. Satu lagi, ada pembicaraa­n soal anak Biden. Katanya, Biden berhasil menghentik­an penyelidik­an (di Ukraina, Red). Biden terus sesumbar soal itu.

Isu ini penting bagi Anda untuk mengembali­kan kejujuran dan kami akan menyelidik­i hal tersebut. Lebih baik lagi jika Anda punya informasi tambahan untuk kami.

Saya akan menyuruh Giuliani menelepon Anda segera.

 ?? JACQUELYN MARTIN/AP ?? BEBER BUKTI: Transkrip pembicaraa­n TrumpZelen­sky dibawa senator Chuck Schumer.
JACQUELYN MARTIN/AP BEBER BUKTI: Transkrip pembicaraa­n TrumpZelen­sky dibawa senator Chuck Schumer.
 ??  ?? ZELENSKY
ZELENSKY
 ??  ?? TRUMP
TRUMP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia