Jawa Pos

Kepercayaa­n Diri Bermodal Histori

- Sektor Putri Sisakan Jorji

SOCHI, Jawa Pos – Mercedes datang ke GP Rusia dengan luka menganga. Tim Silver Arrows gagal memenangi tiga balapan terakhir secara beruntun. Itulah hasil langka yang tidak mengenakka­n Mercedes. Apalagi jika mengingat tiga kekalahan tersebut menjadi penanda kebangkita­n seteru mereka, Ferrari.

Satu hal yang membuat Mercedes konfiden bisa bangkit di Sochi adalah faktor sejarah. Sejak GP Rusia kembali pada 2014, Mercedes tidak terkalahka­n.

Sochi memiliki karakteris­tik berbedaden­gansirkuit­jalanan Marina Bay, Singapura. Permukaana­spalyangle­bihlembut akan membuat ban lebih tahan lama. ’’Sirkuit (Sochi) punya sejumlah tikungan cepat, serta aspal yang mulus dan lurus, terutama menuju ke tikungan kedua. Kami dalam kondisi ’lapar’ (kemenangan) menuju Sochi dan akan bertarung habis-habisan di lintasan,’’ ujar Team Principal Mercedes Toto Wolff sebagaiman­a dikutip Checkered Flag.

Di sisi lain, kebangkita­n Ferrari bisa menjadi ganjalan buat Mercedes. Juara F1 dua kali, Mika Hakkinen, menyatakan bahwa saat ini SF90 (mobil Ferrari) menjelma menjadi mobil terbaik di grid. Ferrari memenangi balapan di tiga sirkuit berbeda. Artinya, SF90 sudah tangguh di semua jenis trek. ’’Ferrari punya modal performa bagus untuk menantang Mercedes akhir pekan ini,’’ ucapnya.

Yang ikut menentukan hasil lomba akhir pekan ini adalah cuaca.Berdasarpr­akiraan,hujan mengguyurd­engansuhuu­dara cenderungd­ingin15–20derajat Celsius. Hujan juga diprediksi turun saat sesi kualifikas­i.

Sementara itu, kemarin penyelengg­ara GP Rusia mengumumka­nkemungkin­anperubaha­nvenuebala­pansetelah musim 2020. Rencana pemugaran dan pengembang­an di sekitar Sirkuit Sochi mengharusk­an agenda balapan itu dialihkan ke St Petersburg setelah 2020.

INCHEON, Jawa Pos – Indonesia telah memastikan satu tempat di babak semifinal Korea Open 2019. Drawing ganda putra menempatka­n pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bertemu Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto di babak perempat final hari ini. Dua pasangan tersebut merupakan wakil Merah Putih yang tersisa di sektor ganda putra.

Absennya Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan memupus harapan terjadinya all Indonesian final untuk kali kelima tahun ini. Sementara itu, pasangan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryan­ira/Ade Yusuf Santoso yang berada di pul bawah terpaksa terhenti di babak 16 besar kemarin. Mereka kandas di tangan ganda putra Denmark Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen dalam tiga game 22-20, 14-21, 10-21.

Laga tersebut akan menjadi pertanding­an ketujuh yang membuat perang saudara antara The Minions (sebutan Marcus/Kevin) versus FajRi (julukan Fajar/Rian). Selama itu pula, catatan kemenangan selalu berpihak pada Minions. Ganda putra terbaik dunia tersebut hanya pernah sekali kalah di Malaysia Open yang digelar lima bulan lalu. Pertemuan terakhir terjadi di China Open pekan lalu yang mana Fajar/ Rian kalah mudah 8-21, 16-21.

Babak perempat final yang digeber di Incheon Airport Skydome ini harus jadi pembuktian Fajar/Rian. Di antara dua pasangan yang ada di jajaran top 10 dunia, hanya FajRi yang masih sering menunjukka­n inkonsiste­nsi. Kadang bisa bagus sekali, kadang bisa buruk sekali.

’’Lebih disiapin lagi staminanya. Terus juga tambah fokus dan jaga kondisi buat besok (hari ini, Red). Yang terpenting, rasa jangan mau kalah di lapanganny­a harus ditambah,’’ ujar Rian sebagaiman­a dikutip dalam siaran pers PP PBSI. ’’Harapannya bisa memberikan permainan terbaik buat besok. Bisa keluar permainann­ya dan maksimal,’’ kata atlet kelahiran Bantul, Jogjakarta, tersebut.

Setidaknya perasaan haus kemenangan itu mulai muncul dalam beberapa laga terakhir Fajar/Rian. Kemarin, misalnya, pasangan yang baru saja naik ke ranking keenam dunia itu

TUNGGAL PUTRA

4-Jonatan Christie vs Khosit Phetpradab (Thailand) 21-8, 22-20 8-Anthony Sinisuka Ginting vs

Jan O. Jorgensen (Denmark) 21-17, 16-21, 13-21

Shesar Hiren Rhustavito vs Lu Guang zu (Tiongkok) 21-15, 21-13

TUNGGAL PUTRI

Fitriani vs Sayaka Takahashi (Jepang) 16-21, 7-21 Gregoria Mariska Tunjung vs Kim Ga Eun (Korea Selatan) 22-20, 15-21, 22-20

GANDA PUTRA

1-Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Goh V Shem/ Tan Wee Kiong (Malaysia) 21-9, 22-20

6-Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) 21-18, 21-18

Wahyu Nayaka Arya Pangkaryan­ira/ Ade Yusuf Santoso vs Mathias Boe/Mads Conrad Petersen (Denmark) 22-20, 14-21, 10-21

GANDA PUTRI

5-Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata (Jepang) 19-21, 17-21

GANDA CAMPURAN

7-Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs Hafiz Faizal/Gloria E. Widjaja 21-13, 21-14

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Wang Chi-Lin/Cheng Chi Ya (Taiwan) 20-22, 21-16, 21-18

TUNGGAL PUTRA

4-Jonatan Christie vs Wang Tzu Wei (Taiwan)

2-Chou Tien Chen (Taiwan) vs Shesar Hiren Rhustavito

TUNGGAL PUTRI

3-Tai Tzu Ying (Taiwan) vs Gregoria Mariska Tunjung

GANDA PUTRA

1-Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs 6-Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

GANDA CAMPURAN

1-Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Tiongkok) vs 7-Praveen Jordan/ Melati Daeva Oktavianti

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs He Jiting/Du Yue (Tiongkok) tetap tenang melawan Lee Yang/ Wang Chi Lin meski beberapa kali tertinggal. ’’Alhamdulil­lah hari ini (kemarin, Red) bisa menang. Kuncinya kami main lebih fokus. Mereka juga lumayan kuat defense-nya. Jadi, kami harus lebih sabar. Kami pernah lawan mereka, jadi sudah ada gambaran buat pertanding­an ini,’’ jelas Rian.

Di sisi putri, hanya Gregoria Mariska Tunjung yang bertahan. Kompatriot­nya, Fitriani, terhenti di babak 16 besar akibat tidak mampu mengatasi pemain Jepang Sayaka Takahashi. Dia kalah straight game 16-21, 7-21.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? MEMBANGGAK­AN:
Aiman Cahyadi berselebra­si setelah memenangi etape kedua ITdBI di Banyuwangi kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS MEMBANGGAK­AN: Aiman Cahyadi berselebra­si setelah memenangi etape kedua ITdBI di Banyuwangi kemarin.
 ??  ??
 ?? JUN QIAN/JAWA POS ??
JUN QIAN/JAWA POS
 ??  ?? MENDUNG: Suasana di Sirkuit Sochi, Rusia, kemarin sore waktu setempat. Diprediksi balapan akhir pekan ini akan diwarnai hujan.
MENDUNG: Suasana di Sirkuit Sochi, Rusia, kemarin sore waktu setempat. Diprediksi balapan akhir pekan ini akan diwarnai hujan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia