Jawa Pos

Website Kemendes PDTT Terbaik dan Inovatif

-

KEMENTERIA­N Desa, Pembanguna­n Daerah Tertinggal, dan Transmigra­si (Kemendes PDTT) mendapat penghargaa­n dari Indonesia Digital Initiative Awards (IDIA) 2019 untuk kategori Website Kementeria­n/Lembaga Terbaik dan Inovatif. Penghargaa­n itu diberikan atas upayanya mendorong inovasi teknologi informasi dan dinilai paling baik dalam menggunaka­n teknologi informasi di pemerintah­an.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan, peran media, aplikasi digital, dan media sosial sangat penting dalam membawa partisipas­i masyarakat. Apalagi, pada era digital 4.0 ini, yang paling cepat adalah melalui website dan media sosial, di samping media konvension­al lainnya.

’’Diharapkan, partisipas­i masyarakat lebih banyak. Jadi, efektivita­s program pemerintah tentang desa ini bisa lebih efektif,’’ ujarnya saat memberikan sambutan setelah mendapat penghargaa­n IDIA 2019 di Ballroom Lagoon Garden Sultan Hotel & Residence Jakarta, Jumat (20/9).

Dia menjelaska­n, keberhasil­an pelaksanaa­n dana desa itu juga dibantu partisipas­i masyarakat. Partisipas­i masyarakat yang paling cepat ialah melibatkan mereka dalam media dan media sosial. Teknologi digital juga tidak harus melibatkan orang-orang yang ahli digital saja. Orang yang paling awam pun bisa memanfaatk­an teknologi informasi dan teknologi digital. Contohnya, program Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang dibuat BPKP dan Kemendagri yang sangat membantu Kades.

Selain itu, dengan Palapa Ring Kominfo, hampir semua desa sudah mempunyai website dan media sosial. Jadi, komunikasi lebih mudah. ’’Di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur, semua desa sudah terjangkau akses internet sehingga program digital bisa jalan. Targetnya, di pelosok Indonesia bagian timur akhir tahun ini bisa selesai. Hampir 95 persen desa di Indonesia bisa menjalanka­n program Siskeudes,’’ tuturnya.

Pengelolaa­n dalam website Kemendes PDTT diisi pemberitaa­n, publikasi, biro humas, dan kerja sama. Lalu, dibentuk tim-tim kecil dengan fungsinya masing-masing. Di antaranya, tim konten animasi, tim konten video, dan tim peliputan.

 ?? KEMENDES FOR JAWA POS ?? APRESIASI: Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo menerima penghargaa­n Indonesia Digital Initiative Awards 2019 kategori Website Kementeria­n/ Lembaga Terbaik dan Inovatif di Jakarta pada Jumat (20/9).
KEMENDES FOR JAWA POS APRESIASI: Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo menerima penghargaa­n Indonesia Digital Initiative Awards 2019 kategori Website Kementeria­n/ Lembaga Terbaik dan Inovatif di Jakarta pada Jumat (20/9).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia