Jawa Pos

Dewan Minta Desain Jembatan Joyoboyo Diubah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Desain Jembatan Joyoboyo mendapat kritik dari para legislator. Anggota DPRD Surabaya menilai desainnya kurang mencermink­an ikon Kota Pahlawan. Karena itu, para wakil rakyat meminta agar desainnya diubah.

Hal tersebut disampaika­n anggota DPRD Surabaya dapil V Agung Prasodjo. Pejabat asal Ketintang itu menilai ada beberapa persoalan yang belum tuntas dalam pembanguna­n jembatan tersebut. Salah satunya terkait pembebasan lahan. ” Sampai sekarang belum jelas kelanjutan­nya,” ujarnya kemarin (26/9).

Selain itu, proyek multiyear tersebut dinilai molor. Hingga saat ini, belum ada perusahaan yang ditetapkan sebagai pemenang lelang. Padahal, proyek tersebut sejatinya harus dikerjakan sejak Mei. Namun, hingga sekarang belum ada persiapan yang terlihat di lapangan.

Politikus Partai Golkar itu menggarisb­awahi desain jembatan tersebut. Dia menilai konsep bangunan milik dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) itu tidak jauh berbeda dengan Jembatan Suramadu. Hanya, bentuknya lebih kecil. ”Nilai estetikany­a kurang kalau hanya seperti itu,” katanya.

Padahal, kata dia, jembatan tersebut digadang-gadang menjadi ikon baru di Surabaya. Karena itu, Agung meminta desain Jembatan Joyoboyo diganti. Dia mencontohk­an dam Kali Jagir yang begitu eksotis karena menggunaka­n desain bangunan khas Belanda.

Hal senada diungkapka­n anggota DPRD Fraksi PDIP Baktiono. Dia menilai urusan desain itu penting. Sebab, bangunan tersebut akan menjadi bagian dari perwajahan Kota Surabaya. Karena itu, desain yang dibuat tidak boleh asal-asalan.

Di sisi lain, Kepala Bidang Bina Marga DPUBMP Ganjar Siswo Pramono menyatakan, desain jembatan tidak memungkink­an untuk diubah. Sebab, waktu yang tersisa sampai dimulainya pengerjaan tinggal menghitung hari.

Dia menyatakan, proses lelang akan selesai pada Oktober. Saat itu, pemenang lelang harus mulai mengerjaka­n konstruksi awal bangunan seperti tiang pancang dan kuda-kuda.

 ?? ALFIAN RIZAL/ JAWA POS ?? TETENGER: Di Sungai Jagir ini akan dibangun Jembatan Suroboyo. Dewan minta desain jembatan harus menjadi landmark baru Surabaya.
ALFIAN RIZAL/ JAWA POS TETENGER: Di Sungai Jagir ini akan dibangun Jembatan Suroboyo. Dewan minta desain jembatan harus menjadi landmark baru Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia