Jawa Pos

Tanda Tangan Elektronik Persingkat Pelayanan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pelayanan urusan kependuduk­an di Surabaya bakal lebih ditingkatk­an lagi dengan menggunaka­n tanda tangan elektronik (TTE). Tanda tangan tersebut akan menggantik­an tanda tangan biasa untuk berbagai dokumen kependuduk­an. Mulai akta lahir hingga kartu keluarga.

Kepala Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Agus Imam Sonhaji mengungkap­kan, prinsip dalam pelayanan masyarakat itu adalah kemudahan dan kecepatan. Soal kemudahan, sudah ada perluasan lokasi layanan di setiap kecamatan se-Surabaya. Jadi, ada 31 loket pelayanan administra­si kependuduk­an. Namun, kecepatan masih belum terpenuhi.

”Misalnya, dalam mengurus KK orang yang tinggal di Benowo. Berkas itu memang bisa diajukan di kecamatan tersebut, tapi harus ada petugas yang membawa bolak-balik ke sini untuk ditandatan­gani,” ungkap Agus.

Dia pernah bercerita, dalam sehari, dirinya bisa menandatan­gani sekitar 1.500 berkas. Mulai akta kelahiran, kematian, hingga kartu keluarga.

Namun, dengan tanda tangan elektronik, wira-wiri berkas dari kantor kecamatan ke dispendukc­apil di Siola itu bisa dipangkas. Sementara itu, verifikasi hingga validasi tetap dilakukan secara berjenjang. ”Kasi pemerintah­an ikut memeriksa berkas setelah beres diproses di dispendukc­apil. Terakhir, tinggal klik tanda tangan elektronik­nya,” ungkap Agus.

 ?? ALFIAN RIZAL/ JAWA POS ?? LEBIH CEPAT: Perekaman biometrik e-KTP di Siola.
ALFIAN RIZAL/ JAWA POS LEBIH CEPAT: Perekaman biometrik e-KTP di Siola.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia