Jawa Pos

Ketua Gerindra Ikut Daftar Cabup dari PDIP

-

GRESIK, Jawa Pos – Langkah politik Ketua DPC Partai Gerindra Gresik Asluchul Alif mengejutka­n publik. Politikus yang juga wakil ketua DPRD Gresik itu ternyata melamar sebagai bakal calon bupati (cabup) pada pilbup 2020 dari PDIP. Kemarin (26/9), dia mendatangi kantor DPD PDIP Jatim di Jalan Kendangsar­i, Surabaya.

Kedatangan Alif ke Kota Surabaya didampingi pengurus inti DPC PDIP Gresik. Yakni, Mujid Riduan (ketua) dan Noto Utomo (sekretaris). Alif langsung ditemui Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. Ketika mendaftar, politikus muda itu mengenakan seragam Gerindra. ’’Kenapa saya memakai seragam ini? Karena saya datang atas persetujua­n partai,’’ katanya.

Dia menjelaska­n, ada beberapa pertimbang­an mengapa dia ikut mendaftar melalui PDIP. ”Salah satunya adalah bagian dari membangun koalisi dengan partai lain,’’ ungkapnya.

Dalam pilbup 2020, Gerindra memang tidak bisa mengusung pasangan calon. Sebab, perolehan suara di DPRD Gresik tidak sampai 20 persen. Gerindra hanya meraih 8 kursi. Artinya, masih kurang dua kursi untuk dapat mengajukan pasangan calon. Jika dibandingk­an dengan Gerindra, sejatinya capaian kursi PDIP di dewan lebih sedikit. PDIP hanya meraup 6 kursi.

’’PDIP menjadi salah satu partai yang ingin kami ajak koalisi. Karena di PDIP ada mekanisme pendaftara­n, maka proses itu saya ikuti,’’ jelasnya.

Alif menyebutka­n, pihaknya sudah berkonsult­asi dengan jajaran pengurus Partai Gerindra tingkat provinsi maupun pusat. Nah, dia sudah mendapatka­n sinyal persetujua­n.

Dengan tambahan Alif, suadah ada 10 kandidat yang telah daftar menjadi bakal cabup dan bakal cawabup lewat PDIP. Sebelumnya, sembilan kandidat lain mendaftar lewat DPC PDIP Gresik.

 ??  ??
 ?? ISTIMEWA ?? JAJAKI KOALISI: Asluchul Alif (dua dari kanan) didampingi Mujid Riduan (kanan) dan Noto Utomo di kantor DPD PDIP Jatim kemarin.
ISTIMEWA JAJAKI KOALISI: Asluchul Alif (dua dari kanan) didampingi Mujid Riduan (kanan) dan Noto Utomo di kantor DPD PDIP Jatim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia