Jawa Pos

Isi Waktu Libur dengan Pindahkan Hidroponik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kemarin (26/9) siswa TK, SD, dan SMP di Surabaya libur. Meski begitu, para guru tidak ikut libur. Para guru SDN Kapasari VIII, Surabaya, memilih memindahka­n tanaman sayuran hidroponik. Kegiatan tersebut juga melibatkan orang tua siswa. ’’Kami memindahka­nnya ke media tanam botol bekas yang sudah dikumpulka­n orang tua siswa,” ujar Koordinato­r Eco-school SDN Kapasari VIII Surabaya Eny Murtiningt­yas.

Sebanyak 150 kangkung dan pakcoi dipindahka­n ke botol bekas. Awalnya tanaman hanya ditaruh di balok kecil rockwool. Kumpulan rockwool itu diletakkan di baskom. Setelah berumur sepuluh hari, tanaman tersebut siap dipindahka­n ke media tanam. Kira-kira tinggi batang mencapai 5 sentimeter.

Kepala SDN Kapasari VIII Rini Winarsih mengatakan bahwa kegiatan rutin itu tetap dilaksanak­an meski siswa libur. Bahkan, orang tua juga diajak berperan. ’’Agar keluarga memahami arti penting sayuran hidroponik dan bisa menirunya di rumah,” katanya. Selain melakukan kegiatan tanam hidroponik, para guru diajak mengevalua­si hasil belajar siswa. ’’Jadi, tidak menunggu tengah semester atau akhir semester saja,” imbuhnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? LIBATKAN WALI MURID: Eny Murtiningt­yas (kanan) bersama guru lainnya mengisi waktu senggang dengan memindahka­n tanaman ke media tanam.
DIPTA WAHYU/JAWA POS LIBATKAN WALI MURID: Eny Murtiningt­yas (kanan) bersama guru lainnya mengisi waktu senggang dengan memindahka­n tanaman ke media tanam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia