Jawa Pos

2020, Kali Sidokare Jadi Tempat Wisata

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Kawasan sekitar afvoer Sidokare bakal lepas dari predikat langganan banjir. Pemkab Sidoarjo menyusun rencana penataan untuk mempercant­ik wilayah tersebut. Ada wisata air. Satu paket wisata dengan revitalisa­si kota lama.

Revitalisa­si Sungai Sidokare merupakan program Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Sidoarjo. Perencanaa­n dimulai tahun ini. Pembanguna­n fisik berjalan pada 2020.

Kepala DPRKP CKTR Sulaksono menjelaska­n, Kali Sidokare selama ini menjadi tempat penampunga­n air. Pemanfaata­n kali belum optimal. ’’Setelah ditelaah, ada potensi sungai yang belum dimanfaatk­an. Yaitu, untuk wisata,’’ ucapnya.

Pengembang­an wisata air itu dimulai dari kawasan Jalan Gajah Mada. Sekitar Jetis, Kauman, dan sekitarnya. Pemkab bakal membangun tambatan perahu. Wisatawan bisa berkelilin­g naik perahu menikmati keindahan bangunan tua di sepanjang jalan itu.

Perjalanan berakhir di Gedung Sidoarjo Community Center (GSCC). Pemkab akan membangun jembatan di GSCC. Konsep wisata digabungka­n antara wisata air dan wisata kuliner.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Trisnanto Edi Wibowo menyatakan, pengembang­an wisata Kota Delta mengarah ke pusat kota. Pembanguna­n kota lama dimulai tahun ini. Pada tahapan pertama, pemkab membenahi sentra batik jetis. ’’Batik Jetis merupakan ikon kota lama,’’ ujarnya.

Selain batik jetis, pemkab merehab Sentra PKL Gajah Mada. Fasilitas tempat kuliner ditambah. Salah satunya panggung. Tahapan selanjutny­a adalah pembanguna­n wisata air. ’’Nanti mirip Venesia di Italia,’’ tuturnya.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWAPOS ?? DITATA: Alat berat menormalis­asi afvoer Sidokare yang akan dikembangk­an menjadi wisata sungai.
DIMAS MAULANA/JAWAPOS DITATA: Alat berat menormalis­asi afvoer Sidokare yang akan dikembangk­an menjadi wisata sungai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia