Jawa Pos

Agar Anak-Anak Kenal Wayang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Perupa Triyoso Yusuf memamerkan karya terbarunya di galeri Prabangkar­a. Sebanyak 13 lukisan yang menampilka­n tokoh-tokoh pewayangan dihadirkan dengan aliran campuran.

”Wayangnya sendiri masuk aliran dekoratif. Tapi, sajiannya saya bikin abstrak,” terangnya Senin (23/9). Lukisan kali ini juga cukup spesial. Triyoso membuatnya dalam dua teknik yang berbeda. Ada yang dibuatnya dengan jari sehingga memberikan efek timbul. Ada juga yang dibuatnya dengan kuas sehingga lukisan terlihat halus.

Pria lulusan SMKN 12 jurusan seni rupa itu mengungkap­kan, dirinya ingin anak-anak zaman sekarang mengenal tokoh-tokoh pewayangan yang merupakan budaya Indonesia. ”Nggak hanya hafal dengan karakter-karakter kartun di TV-TV sekarang itu. Apa tahu mereka itu sosok Arjuna yang mana, punakawan itu yang mana,” sambungnya lagi.

Hal itu juga membuat Triyoso tidak mau membikin karya yang hanya mengangkat isu yang sedang dibicaraka­n. Menurut dia, isu yang tidak punya batas waktu akan lebih menarik untuk disajikan. Alasannya, isu tersebut tidak akan termakan waktu. Dalam pamerannya kali ini, Triyoso juga mengajak anak-anak sekolah untuk berkunjung ke pamerannya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? TOKOH PUNAKAWAN: Sebagian karya Triyoso Yusuf yang dihadirkan dalam pameran Ringgit Wonosalam di galeri Prabangkar­a.
MARIYAMA DINA/JAWA POS TOKOH PUNAKAWAN: Sebagian karya Triyoso Yusuf yang dihadirkan dalam pameran Ringgit Wonosalam di galeri Prabangkar­a.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia