Jawa Pos

Dubai Miracle Garden Dikira Taman Moroseneng

-

BELUM lama ini beredar video yang memperliha­tkan penampakan taman di Surabaya Barat. Video penuh watermark itu lantas viral di berbagai grup WhatsApp. Menurut informasi, lokasi taman yang penuh dengan bunga tersebut berada di Moroseneng, Sememi, Surabaya. ”Indah sekali yaaa taman moroseneng di Surabaya,” tulis pemilik akun Facebook Constan Jeharus (fb.com/constan.jeharus) kemarin (3/10).

Namun, ada kejanggala­n yang cukup mencolok dari video berdurasi 30 detik itu. Misalnya, di bawah watermark ”Sememi Surabaya” terdapat tulisan ”Dubai Miracle Garden”. Ada juga tulisan akun Instagram Bethere.travel.

Saat dicek di akun Istagram Bethere.travel, video yang sama pernah diunggah pada 31 Juli 2017. Keterangan video itu menyebutka­n bahwa taman berada di Dubai Uni Emirat Arab. ”The Most Beautiful Dubai Miracle Garden,” begitu narasinya. Anda bisa melihatnya di bit.ly/DiDubai.

Kepala Seksi Ruang Terbuka Hijau (RTH) DKRTH Kota Surabaya Rochim Yuliadi juga memastikan bahwa taman dalam video itu tidak berada di Surabaya. Penampakan­nya pun tidak sama dengan kebun anggrek di Sememi. ”Itu bukan Taman Moroseneng, Sememi,” tandas Rochim kepada Jawa Pos kemarin.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia