Jawa Pos

Alam Pakai Gunting, Pipit Pegang Kunai

-

SENJATA apa yang dipakai Syahrial untuk menusuk Wiranto? Versi polisi, Syahrial Alamsyah alias Alam menggunaka­n senjata tajam bernama kunai. Itu adalah senjata tajam yang biasa diasosiasi­kan dengan ninja Jepang. Juga bisa dipakai untuk alat memanjat di tembok

Sedangkan Fitri Andriana yang biasa disapa Pipit menggunaka­n gunting untuk menyerang polisi dan para pengawal Wiranto. Namun, versi lain diperoleh

Radar Banten yang mewawancar­ai beberapa saksi mata di lokasi kejadian. Salah satunya adalah Fachri Maulana, siswa kelas VIII SMPN 1 Menes. Fachri melihat sendiri seorang pria dan perempuan bercadar yang samasama memegang senjata tajam. Mereka menyerang Wiranto secara membabi buta. Dua pelaku, menurut Fachri, sudah ada di lokasi kejadian sebelum Wiranto bersama rombongan tiba. Mereka berdiri di depan gapura sebelum pintu masuk kawasan Alun-Alun Menes.

Fachri melihat Alam menyerang lebih dulu. Versi Fachri, Alam menusuk Wiranto dengan menggunaka­n gunting. Saat beberapa petugas berusaha meringkusn­ya, terlihat seorang perempuan bercadar menyerang dengan menggunaka­n kunai. Dia menusuk beberapa orang dari belakang. Korbannya adalah Kapolsek Menes Kompol Dariyanto dan politikus Hanura Fuad Sauki yang mengawal Wiranto.

Sementara itu, Asiah Ahyani, warga Kampung Pamatang, Desa Cigandeng, Kecamatan Menes, tak sengaja merekam peristiwa itu. Menurut dia, Wiranto sempat tersungkur ke fondasi tempat penahan tanah sekitar AlunAlun Menes setelah ditusuk pelaku. ’’Baju batik dan kaus dalam putih Pak Wiranto langsung berlumur darah di bagian perut,’’ katanya.

Menurut Radar Banten, Alam adalah warga Desa Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara. Istrinya, Fitri Andriana alias Pipit, adalah warga Desa Sitanggai, Brebes. Alam tinggal ngontrak di Kampung Sawah, Desa Menes, sejak setahun lalu. Sementara itu, Pipit baru ikut tinggal bersama Alam sekitar dua bulan lalu.

Ketua RT 4, RW 5, Kampung Sawah, Desa Menes, Ahmad Sanusi menyatakan bahwa Alam adalah sosok yang sangat tertutup. ’’Warga jarang yang kenal dia. Hanya ketemu saat salat berjamaah di masjid,’’ ujarnya. Dia mengatakan bahwa Pipit adalah istri baru Alam. ’’Namanya saya enggak tahu. Tetapi, Alam punya anak satu dari istrinya yang lama,’’ katanya.

 ?? FOTO-FOTO: MABES POLRI FOR JAWAPOS ?? PASUTRI NEKAT: Syahrial Alamsyah alias Abu Rara dan Fitri Andriana.
FOTO-FOTO: MABES POLRI FOR JAWAPOS PASUTRI NEKAT: Syahrial Alamsyah alias Abu Rara dan Fitri Andriana.
 ?? SUMUT POS ?? DI-POLICE LINE: Rumah kontrakan Alam dan Pipit di Kampung Sawah, Desa Menes, Pandeglang, Banten. Foto bawah, polisi berdialog dengan Risma, kakak ipar Alam, yang tinggal di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Medan.
SUMUT POS DI-POLICE LINE: Rumah kontrakan Alam dan Pipit di Kampung Sawah, Desa Menes, Pandeglang, Banten. Foto bawah, polisi berdialog dengan Risma, kakak ipar Alam, yang tinggal di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Medan.
 ?? RADAR BANTEN ??
RADAR BANTEN
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia