Jawa Pos

AHY Jabat Waketum Demokrat

-

JAKARTA, Jawa Pos – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kini punya jabatan baru di struktur Partai Demokrat. Setelah menjabat Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) pada Pemilu 2019, putra sulung SBY itu kini menjabat wakil ketua umum (Waketum) Demokrat. AHY mulai menjabat Waketum sekitar dua bulan yang lalu.

Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon menyampaik­an, penunjukan AHY sebagai Waketum tidak terlepas dari performa yang bagus selama memimpin Kogasma. Karena itu, yang bersangkut­an ditarik dalam struktur sebagai wakil ketua umum. ”Tidak ada yang diganti. Hanya ada penambahan jumlah Waketum dari enam menjadi tujuh orang,” kata Jansen di Jakarta kemarin (10/10).

AHY menduduki jabatan Waketum bersama dengan pengurus lainnya. Di antaranya, Syarief Hasan, Nurhayati Assegaf, serta Letjen (pur) Cornel Simbolon. Surat keputusan (SK) partai pun sudah keluar. Kini pengesahan tinggal menunggu dari Kementeria­n Hukum dan HAM.

Menurut Jansen, penunjukan tersebut dilakukan bukan karena AHY sedang dipersiapk­an sebagai calon menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Demokrat, kata dia, tidak akan campur tangan jika Jokowi ingin membentuk kabinet yang mumpuni. ”Biarlah sepenuhnya terkait penyusunan pembentuka­n kabinet diserahkan ke presiden,” ujar Jansen.

Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasantidak­menampikde­sas-desusbahwa AHY masuk daftar calon menteri. Mrnurut dia, penunjukan AHY sebagai menteri diserahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. ”Jika beliau meminta Demokrat membantu, tentu kami siap memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara ini,” ucap Syarief.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia