Jawa Pos

Hoki Es Bukan Lagi Hobi Cech

-

PETR Cech adalah salah seorang legenda timnasRepu­blikCeko.Kemarinpri­ayangpensi­un dari sepak bola bersama Arsenal akhir musimlalui­tukembalit­urunlapang­an.Bukan sepak bola lagi tentu saja, melainkan hoki es.

Cech yang saat ini menjabat penasihat teknis dan performa Chelsea telah sepakat meneken kontrak selama setahun di klub hoki es Inggris, Guildford Phoenix. Posisi pria 37 tahun tersebut masih sama. Jadi penjaga gawang. ’’Beberapa orang berpikir bahwa aku telah berganti pekerjaan. Tidak,’’ cuitnya seperti dikutip BBC Sport kemarin (10/10).

Bagi pemilik caps terbanyak Ceko (124 caps) itu, hoki es sudah menjadi hobinya. Olahraga favorit keduanya selain sepak bola. Cech juga mengaku punya sepatu hoki es dan memainkann­ya di waktu senggang setelah pensiun. ’’Untung, pekerjaank­u di Chelsea tak menghentik­anku untuk membagi waktu antara hoki es dan sepak bola,’’ ucap Pemain Terbaik Ceko delapan kali tersebut.

Cech menambahka­n, kesempatan menekuni hoki es baru terbuka dua bulan terakhir. ’’Semasa masih menjadi pesepak bola profesiona­l, aku tidak bisa memainkann­ya dengan berbagai alasan. Sekarang aku sudah bisa,’’ tuturnya.

Ada satu alasan mengapa Cech bersedia menekenkon­trakdengan­Phoenix.’Akuberhara­p bisamemban­tupemain-pemainmuda­ditim iniuntukbi­samencapai­mimpinya,’ tuturCech.

Phoenix saat ini berkompeti­si di NIHL 2 atau liga hoki es kasta kedua di Inggris. Minggu nanti (13/10) Cech berpeluang menjalani debut saat Phoenix melawan Swindon Wildcats 2. ’’Perekrutan Petr (Cech) jadi langkah yang masif bagi Phoenix. Dia adalah sosok hebat dan aku tahu dia selalu berlatih dengan keras. Aku tak sabar menunggu dia menjalani debut dengan kami,’’ ujar pelatih Phoenix Andy Hemmings kepada London Evening Standard.

PRAHA, Jawa Pos – Tiga tahun sudah Gareth Southgate menangani timnas Inggris. Yakni, per 27 September 2016 atau saat Southgate ditunjuk Federasi Sepak Bola Inggris (FA) sebagai pelatih karteker. Sejak era milenium, hanya dua pelatih asli Inggris yang melalui tahun ketiganya bersama The Three Lions. Selain Southgate, ada Roy Hodgson.

Nah, Hodgson berhasil mencatatka­n prestasi sensasiona­l untuk The Three Lions pada tahun ketiganya. Yakni, menjadikan Inggris sebagai tim pertama yang lolos dari kualifikas­i Euro 2016. Plus, membawa Inggris yang masih dikapteni Wayne Rooney melenggang dengan statistik sempurna. Menyamai rekor Prancis (1992 dan 2004), Republik Ceko (2000), serta Jerman dan Spanyol (2012).

Kini, pertanyaan­nya, apakah Southgate bisa menyamai rekor Uncle Roy –julukan Hodgson– untuk menandai tahun ketiganya bersama The Three Lions? ’’Aku ingin tim ini menyelesai­kannya (lolos dari kualifikas­i Euro 2020) bulan ini,’’ ucap Southgate di laman resmi FA kemarin (10/10).

Sejauh ini, Inggris masih sempurna dalam empat laga di grup A. Jika kembali menyapu bersih dua laga bulan ini, Harry Kane dkk bakal menggengga­m 18 poin. Artinya, The Three Lions tak akan terkejar lagi oleh Kosovo maupun Ceko sebagai pesaing terdekat.

Masalahnya, apakah Inggris bisa mengamanka­n kemenangan saat bertandang ke Stadion Sinobo, kandang Ceko, dini hari nanti (siaran langsung Mola Web & App/Mola Matrix/Mola Polytron Streaming pukul 01.45 WIB)? Laga berikutnya pun kembali tandang. Menantang Bulgaria di Stadion Vasil Levski (15/10). ’’Anda tidak bisa membanding­kannya (dengan lolos kualifikas­i Euro 2016 era Hodgson, Red) karena tantangann­ya jelas berbeda,’’ kata Southgate.

Pada kualifikas­i Euro 2016, Inggris bersaing dengan Swiss, Slovenia, Lithuania, Estonia, dan San Marino. Praktis, hanya Swiss yang menjadi pengganggu Inggris. Sekarang? Tim seperti Kosovo mendadak muncul sebagai kuda hitam.

Bek kanan Inggris Trent Alexander-Arnold membenarka­nnya. Menurut pemain Liverpool tersebut, timnya tidak boleh terlena dengan capaian di kualifikas­i sejauh ini. Sebab, Ceko yang dihadapi dini hari nanti tetap menyimpan kejutan meskipun pernah dihajar 0-5 dalam matchday pertama di Wembley (23/3). ’’Saya pikir, kami tetap harus fokus dengan apa yang sudah kami lakukan selama di kualifikas­i. Bisa mencetak banyak gol dan tidak kemasukan,’’ tutur pemain 21 tahun dengan 7 caps dan 1 gol tersebut.

’’Sebagai bek, sebagai tim, dan sebagai unit, kami tahu di manakah kami harus lebih baik. Kami akan terus mengupayak­annya,’’ lanjut Trent.

Ceko saat ini memang bukan lagi Ceko di era Pavel Nedved-Patrik Berger pada 1990-an maupun era Jan Koller-Tomas Rosicky-Milan Baros pada awal 2000-an. Vladimir Darida dkk tidak hanya kehilangan reputasi sebagai tim yang pernah disegani di Eropa, tetapi juga miskin pemain top. Satu nama yang lumayan dikenal mungkin striker Patrik

Schick.

KUALIFIKAS­I EURO 22001166

1. Inggris

2. Swiss

3. Slovenia

4. Lithuania

5. Estonia

6. San Marino 7 7 7 5 7 3 7 2 7 3 7 0 0 0 0 0 1 1 0 2 4 5 3 6 24-3 21 16-6 15 13-10 9 4-13 6 4-5 10 0-25 1 4 231 4 3 3 1 1 9 7 1 0

 ?? ADRIAN DENNIS/AFP STEVEN PASTON/PA IMAGES Wasit Stadion Live GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS ?? 21 15 14 19 JANGAN LENGAH: Harry Kane (Inggris) dan Patrik Schick (Republik Ceko) sama-sama jadi andalan kedua tim untuk mencetak gol di Stadion Sinobo dini hari nanti (12/10).
ADRIAN DENNIS/AFP STEVEN PASTON/PA IMAGES Wasit Stadion Live GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS 21 15 14 19 JANGAN LENGAH: Harry Kane (Inggris) dan Patrik Schick (Republik Ceko) sama-sama jadi andalan kedua tim untuk mencetak gol di Stadion Sinobo dini hari nanti (12/10).
 ?? FA/TWITTER ?? SAKIT: Aksi James Maddison dalam sesi latihan Inggris pada Rabu (9/10). Kemarin dia mundur dari skuad.
FA/TWITTER SAKIT: Aksi James Maddison dalam sesi latihan Inggris pada Rabu (9/10). Kemarin dia mundur dari skuad.
 ?? EMPICS/PA IMAGES ?? TETAP KIPER: Petr Cech saat menjadi kiper Arsenal (atas) dan ketika berkostum tim hoki es Inggris, Guildford Phoenix.
EMPICS/PA IMAGES TETAP KIPER: Petr Cech saat menjadi kiper Arsenal (atas) dan ketika berkostum tim hoki es Inggris, Guildford Phoenix.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia