Jawa Pos

Jenazah Korban Jembatan Runtuh di Taiwan Dipulangka­n

-

JAKARTA, Jawa Pos – Tiga jenazah korban runtuhnya jembatan lintas pelabuhan Nanfang Ao di Yilan, Taiwan, dipulangka­n ke tanah air. Jenazah tiga pekerja migran Indonesia tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin (10/10) pukul 13.00 WIB.

Kedatangan jenazah Ersona, 32; M. Domiri, 28; dan Wartono, 29, diterima langsung oleh Plt Dirjen Binapenta dan PKK Kementeria­n Ketenagake­rjaan (Kemenaker) Aris Wahyudi. Ketiganya pun langsung dipulangka­n ke kampung halaman masingmasi­ng. Jenazah almarhum Wartono diantarkan ke Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kemudian, jenazah Ersona dikirm ke Indramayu, Jawa Barat, dan jenazah almarhum M. Domiri dipulangka­n ke Pemalang, Jawa Tengah.

Aris menegaskan, meski jenazah sudah dipulangka­n, pemerintah bakal mengurus segala sesuatu yang menjadi hak bagi ahli waris tiga pekerja migran Indonesia yang menjadi korban itu. Melalui Kamar Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), pemerintah akan memastikan ketiganya mendapat hak gaji hingga asuransi kematian.

”Setelah proses pemulangan selesai, KDEI Taipei akan mengurus segala sesuatunya,” terang dia.

Direktur Penempatan dan Perlindung­an Tenaga Kerja Luar Negeri (PPTKLN) Kemenaker Eva Trisiana menambahka­n, selain tiga korban meninggal, ada empat WNI lagi yang dikabarkan terluka akibat kejadian itu. Dua korban, Miswan dan Supandi, mengalami luka ringan. Sementara itu, dua korban lain, Jaedi dan Winanto, terluka parah sehingga perlu menjalani perawatan intensif di rumah sakit di Yilan. ”Namun, saat ini hanya Winanto yang masih perlu perawatan di Rumah Sakit St Mary’s,” tuturnya.

Eva mengungkap­kan, seluruh korban merupakan pekerja resmi di kapal ikan milik Taiwan. Mereka bekerja sebagai anak buah kapal (ABK).

Terkait dengan hak-hak para almarhum, Eva menegaskan bahwa Otoritas Wilayah Yilan dan perusahaan pengelola pelabuhan Taiwan, Taiwan Internatio­nal Ports Corporatio­n Ltd, sudah berjanji memberikan santunan kepada korban, baik korban meninggal maupun luka-luka. Untuk korban luka, santunan diberikan sesuai dengan tingkat keparahan. ”Pemerintah akan terus memantau dan memastikan agar hak-hak para almarhum dapat diterima ahli warisnya sesuai dengan ketentuan,” paparnya.

 ?? BIRO HUMAS KEMENAKER ?? BERPULANG: Ketiga jenazah korban diserahter­imakan di Bandara Soekarno-Hatta kemarin.
BIRO HUMAS KEMENAKER BERPULANG: Ketiga jenazah korban diserahter­imakan di Bandara Soekarno-Hatta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia