Jawa Pos

Transmigra­n Pandawai Ubah Lahan Kering

-

SATUAN Permukiman (SP) Laimbaru, Desa Laindeha, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang awalnya merupakan area permukiman transmigra­si lahan kering kini mampu diubah menjadi sumber penghasila­n yang menjanjika­n bagi masyarakat setempat.

Robert Kale, salah seorang tokoh transmigra­n yang juga pemenang juara II Transmigra­n Teladan 2019, mengungkap­kan bahwa semua itu berawal dari kerja sama dengan Dinas Koperasi dan Transmigra­si Provinsi NTT untuk membuka lahan bagi masyarakat setempat. ’’Penempatan pertama pada 2015. Di tempat kami tidak ada air. Lalu, saya hadirkan tangki untuk dibagikan kepada masyarakat pakai uang pribadi,’’ ungkap Robert saat ditemui belum lama ini.

Bukan hanya itu, dengan lahan seluas 1,5 hektare yang diberikan pemerintah, dia menanam berbagai jenis tanaman seperti kelapa, mahoni, jati putih, jambu mete, dan nangka. Juga, tanaman umur pendek seperti jagung dan kacang-kacangan.

’’Kami juga merintis kegiatan lainnya, yakni koperasi dan kelompok tenun ikat. Dengan latar belakang seorang perawat, saya juga membuka apotek,’’ papar Robert yang juga ketua koperasi tenun ikat.

Dari banyaknya usaha dan kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat tersebut, Robert berhasil meraup keuntungan hingga Rp 213 juta per tahun. ’’Kami akan terus memotivasi transmigra­n yang lain agar bisa berhasil juga,’’ ungkap transmigra­n asli NTT itu.

Robert mengungkap­kan, pihaknya terus mengadakan berbagai pelatihan bagi masyarakat setempat. Tujuannya, pemberdaya­an potensi desa bisa tergali dan menciptaka­n lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. ’’Dengan begitu, mereka sampai sekarang sudah mampu memiliki pendapatan dari hasil tenun maupun berkebun,’’ tuturnya.

Staf Dinas Koperasi dan Transmigra­si Provinsi NTT Maryati menambahka­n, masyarakat di SP Laimbaru kerap diajak aktif dalam berbagai kegiatan pelatihan. ’’Mereka dibimbing untuk menggali ilmu bertani dan berkebun serta keterampil­an menenun,’’ jelasnya.

 ?? DOK DESA NGLNGGERAN FOR JAWA POS ?? MAKIN HIJAU: Lahan kering yang diberi pemerintah ditanami berbagai jenis tanaman seperti kelapa, mahoni, jati putih, jambu mete, nangka, jagung, dan kacang-kacangan.
DOK DESA NGLNGGERAN FOR JAWA POS MAKIN HIJAU: Lahan kering yang diberi pemerintah ditanami berbagai jenis tanaman seperti kelapa, mahoni, jati putih, jambu mete, nangka, jagung, dan kacang-kacangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia