Jawa Pos

Dua Pohon Tumbang, Satu Tewas dan Tiga Terluka

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pohon tumbang di Jalan Ahmad Yani memakan korban kemarin (10/10). Tiga pengendara sepeda motor tertimpa pohon lamtoro setinggi 9 meter. Dua orang mengalami luka-luka dan satu orang meninggal di tempat.

Kejadian nahas tersebut berlangsun­g pada pukul 12.45, saat ketiganya melintas di Jalan Ahmad Yani. Di area depan RSAL dr Ramelan, pohon lamtoro tumbang dan menimpa dua sepeda motor yang dinaiki tiga korban.

Sudarto, warga Sidorukun, Kebalandon­o, Lamongan, yang berkendara sendirian tewas di tempat. Pohon tersebut menimpa kepalanya dan menghancur­kan bodi depan sepeda motor yang ditumpangi­nya.

Sementara itu, Aryono Tresno Raharjo Putro dan Anak Agung Intan Purnamasar­i yang berbonceng­an juga ambruk. Beruntung, nyawa keduanya masih bisa tertolong. Sebab, tim penyelamat dari Tim Gerak Cepat (TGC) Dukuh Pakis dan kepolisian segera datang ke lokasi.

Intan mengatakan, pohon lamtoro yang berada di tepi jalur rel kereta api itu tiba-tiba roboh ke jalan

”Saya pas di bonggolnya,” ucapnya. Agung, pedagang buah di frontage road (FR) Ahmad Yani sisi timur, mengungkap­kan, kejadian ambruknya pohon tersebut begitu cepat. Setelah pohon ambruk dan menimpa pengendara, beberapa menit kemudian petugas dari dinas perhubunga­n (dishub) datang ke lokasi. ”Ndak sampai 10 menit sudah datang. Orangorang ramai tadi memberikan pertolonga­n,” ucapnya.

Lelaki asal Ponorogo yang saban hari mangkal di depan RSAL dr Ramelan itu mengatakan, seminggu ini angin memang bertiup cukup kencang. Apalagi saat siang. ”Itu lihat saja benderanya sampai melilit di tiang bambu,” ucapnya.

Kanitlanta­s Polsek Wonokromo AKP Zainur Rofik mengungkap­kan, seluruh korban telah dievakuasi ke RS. Korban meninggal dibawa ke RS Bhayangkar­a. Dua korban terluka dibawa ke RS Darmo.

Kanitreskr­im Polsek Wonokromo Ipda Ari Pranoto menjabarka­n, saatinimas­ihdilakuka­npenyelidi­kan terhadap kondisi pohon yang tumbang. Namun, berdasar analisis sementara, akar pohon tersebut tidak menancap kuat.

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Kertajaya. Tepatnya di depan rumah nomor 240. Pohon bintaro setinggi hampir 4 meter tersebut didugatumb­angkarenab­atangnya rapuh. Akibat kejadian itu, pemilik rumah,SamsuHadi,menjadikor­ban. Kebetulan, saat itu dia berada di depan rumah. Pria tersebut menderitap­atahlengan­kanan.’Diaberdiri di depan rumah, tiba-tiba tertimpa pohon,” ujar Lurah Kertajaya Kumbo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia