Jawa Pos

Tes PMS untuk Siapa Saja

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penyakit menular seksual (PMS) memang perlu diperiksa cepat agar terdeteksi dini dan cepat teratasi. Hal itu dilakukan puluhan waria se-Kecamatan Benowo. Mereka menjalani pemeriksaa­n kesehatan seksual dalam program mobile voluntary counseling testing dan focus group discussion di Puskesmas Pembantu Kandangan kemarin siang (10/10).

Ketua Persatuan Waria Kota Surabaya (Perwakos) Sonya Vanesa menyatakan, program tersebut difasilita­si oleh Puskesmas Sememi, Perwakos, dan PKBI Jawa Timur. Tujuannya, melakukan pemeriksaa­n PMS kepada para waria. ’’Mereka rata-rata berprofesi pengamen, penjaga salon, dan pekerja seks. Namun, khusus Kecamatan Benowo, paling banyak menjadi pengamen,’’ katanya.

Pria bernama asli Anton itu menjelaska­n, dalam mobile voluntary counseling testing danfocus group discussion tersebut, para waria berdiskusi bersama untuk membicarak­an penyakit menular dan curhat-curhatan pengalaman kehidupan sehari-hari.

Setelah itu, mereka menjalani pendataan dan pemeriksaa­n darah oleh petugas analis Puskesmas Sememi. Cholik Anwar, penanggung jawab tim klinik reproduksi Puskesmas Sememi, menuturkan bahwa darah dan pemeriksaa­n spesimen itu bertujuan memeriksa HIV dan PMS. Bagi yang sudah mengidap penyakit, akan dibina dan diperiksa secara rutin. ’’Pemeriksaa­n kesehatan seksual harus dilakukan siapa saja. Bukan hanya waria,’’ ucapnya.

 ?? ALEX KOMARULLAH/JAWA POS ?? CEK: Petugas Analis Puskesmas Sememi Zulfah Shely memeriksa Aris dalam Program Mobile VCT dan FGD kemarin (10/10).
ALEX KOMARULLAH/JAWA POS CEK: Petugas Analis Puskesmas Sememi Zulfah Shely memeriksa Aris dalam Program Mobile VCT dan FGD kemarin (10/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia