Jawa Pos

Belajar Bersama Bikin Sandal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Bagi Jessica Nathania, tidak mudah membuat sandal. Terutama saat membuat pola. Hal tersebut diungkap ketika dia menjadi peserta workshop pembuatan sandal di Grand City kemarin (10/10). ”Aku pengin tahu gimana cara bikin sandal. Karena workshop seperti ini cukup jarang ya. Kalau untuk sampai ke arah nanti mau bikin bisnis sandal atau sepatu sih belum kepikiran ya,” ujarnya.

Dalam workshop itu, peserta diajari konsep dasar pembuatan sandal, mulai fitting, pola, hingga material. Ken Soedjatmik­o, salah satu anggota tim penyelengg­ara dari Cortica, mengatakan bahwa workshop tersebut tidak mewajibkan seseorang memiliki keahlian khusus seperti menggambar. ”Ada pengajar yang membantu step-by-step

prosesnya,” katanya.

Ysin Budi Santoso, pengajar workshop, telaten memberikan contoh. Mulai membuat pola dasar di lasting

atau manekin kaki yang sudah diplester isolasi. Kemudian, pola itu dicopot dan ditempel ke karton. Lantas, karton dipotong persis dengan pola. ”Baru kemudian dari situ bisa dibikin upper sepatu dari material PVC. Dan dipasang di insole dari kayu gabus atau cortica,” paparnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TERBUKA UNTUK UMUM: Angela Gunadi, salah seorang peserta workshop, membuat pola di manekin kaki.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TERBUKA UNTUK UMUM: Angela Gunadi, salah seorang peserta workshop, membuat pola di manekin kaki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia