Jawa Pos

Gayanya Pakai Mobil, Kotak Amal Diambil

-

Puskesmas rutin mendamping­i. Sejak calon pengantin, hamil, melahirkan, sampai anak usia balita.”

Kepala Puskesmas Candi Ibu Suli Aijas Kabid Kesehatan Masyarakat

SIDOARJO, Jawa Pos – Puluhan warga menghadang Hariyanto. Lelaki 31 tahun itu ditangkap setelah keluar dari Honda Brio merah bernopol N 1439 WO di kawasan jalan layang Jenggolo kemarin (10/10). Mobilnya dikepruki. Ternyata, dia maling kotak amal.

Hariyanto diketahui beraksi di Musala Baiturrohi­m, Desa Bulu Sidokare, Kecamatan Kota. Gerak-geriknya diketahui Mohammad Soleh, warga setempat. Sekitar pukul 13.00, musala sepi. Pintunya terkunci.

Sholeh yang sedang membeli minuman melihat Hariyanto membongkar kotak amal. ”Langsung saya teriaki maling,” ujar pria 50 tahun itu. Pelaku kalang kabut. Dia kabur dengan mobil. Bahkan, sempat menyerempe­t tukang ojek online. Warga pun memburunya. Bersama rekan-rekan ojek online.

Hariyanto tangkas. Mereka sempat kehilangan jejak di City Plaza (Ciplaz). ”Waktu itu, ada anggota polsek yang patroli,” ungkap Kapolsek Kota Kompol Supiyan.

Di Ciplaz, pelaku menabrak palang pintu parkir. Petugas parkir menghampir­inya. Hariyanto malah kabur. Motor petugas diterjang. Dia tancap lagi ke Jalan Sultan Agung, lurus ke Jalan Mayjen Sungkono. Aksinya terhenti di jalan layang Jenggolo.

”Mobilnya mogok. Kampas koplingnya habis,” ungkap Supiyan. Rupanya, pelaku benar-benar nekat. Dia melompat dari atas jalan layang. Tingginya sekitar 10 meter. Turun ke pohon. Warga membekukny­a di bawah jalan tersebut.

Bogem mentah mendarat bertubi-tubi. Baru dia dibawa ke Mapolsek Kota. Kepada polisi, Hariyanto digeledah. Ada peralatan pencurian motor di mobilnya. Salah satunya kunci T yang sudah dimodifika­si. ”Tersangka mengaku sudah tiga kali beraksi,” kata Supiyan.

Mulai mengenalka­n makanan umur 10 bulan. Makannya juga susah. Apalagi saat sakit.”

Yang harus lebih diperhatik­an adalah perkembang­an otak. Jangan sampai stunting menjadikan generasi milenial tidak berkualita­s. Masyarakat harus rajin ke posyandu.”

 ?? ILUSTRASI: RIZKY/JAWA POS DIMAS MAULANA/JAWAPOS ?? SITI MURTAFIAH NUR AKIFAH dr ZUHAIDA BERI PERHATIAN: Dokter Syaf berbincang dengan Rina Kurniawati, ibu Arsya, di rumahnya, Desa Durungbedu­k, Kecamatan Candi, kemarin.
ILUSTRASI: RIZKY/JAWA POS DIMAS MAULANA/JAWAPOS SITI MURTAFIAH NUR AKIFAH dr ZUHAIDA BERI PERHATIAN: Dokter Syaf berbincang dengan Rina Kurniawati, ibu Arsya, di rumahnya, Desa Durungbedu­k, Kecamatan Candi, kemarin.
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TERSANGKA: Hariyanto dan Kompol Supiyan di Mapolsek Sidoarjo.
BOY SLAMET/JAWA POS TERSANGKA: Hariyanto dan Kompol Supiyan di Mapolsek Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia