Jawa Pos

Uji Standardis­asi Pasar Sukodono

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Modernisas­i pasar di Kota Delta segera terwujud. Salah satunya, Pasar Sukodono. Kemarin (10/10) tim verifikasi dari Balai Pengujian dan Sertifikas­i Mutu Barang (BPSMB) Surabaya berkunjung ke pasar tersebut. Mereka melakukan penilaian sertifikas­i.

Pasar Sukodono memang digadang-gadang menjadi pasar standar nasional Indonesia (SNI). Akhir Agustus lalu, Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Sidoarjo telah melakukan revitalisa­si. Alhasil, bangunan pasar tampak cantik. Begitu pula bagian dalamnya. Lantainya juga dikeramik.

Perwakilan BPSMB Surabaya Usamah Aruno menyatakan, hasil verifikasi akan ditindakla­njuti pihak pasar. Sebelumnya, mereka membutuhka­n beberapa perbaikan. Sekarang sudah terlaksana. ’’Akan ada penilaian yang harus dicapai. Indikatorn­ya banyak. Kalau benar final, akan ada kami rilis. Sertifikat SNI bakal diumumkan,’’ tuturnya.

Sekretaris Disperinda­g Sidoarjo Dana Riawati mengungkap­kan, tahun lalu ada tiga pasar yang diajukan untuk ikut penilaian standardis­asi. Yakni, Gedangan, Sukodono, dan Wonoayu. Dari ketiganya, hanya satu yang lolos. Yakni, Pasar Sukodono.

Namun, pasar itu belum mendapatka­n sertifikat SNI lantaran perlu perbaikan lanjutan. Salah satunya, lantai stan pedagang bagian dalam wajib menggunaka­n keramik. ’’Kami genjot tahun ini dan tercapai,’’ ujarnya.

Kabid Pasar Disperinda­g Sidoarjo Nawari melanjutka­n, saat ini aktivitas Pasar Sukodono sangat teratur. Stan dagang telah digolongka­n sesuai dengan bahan pokok yang dijual. Pembuangan sampah pasar juga tertata lantaran terdapat TPST khusus.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? PROSES SNI: Pengelola Unit Pasar Sukodono Maliki (tengah) menyambut tim verifikasi dari BPSMB Surabaya kemarin.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS PROSES SNI: Pengelola Unit Pasar Sukodono Maliki (tengah) menyambut tim verifikasi dari BPSMB Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia