Jawa Pos

Kolaborasi Penelitian Antarnegar­a

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Geliat akademis di Kota Delta semakin hidup. Sejumlah tokoh pendidikan kerap hadir. Kemarin (10/10), misalnya, Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) mengundang sejumlah tokoh dari mancanegar­a dalam acara bertajuk Internatio­nal Conference of Law and Business Social Sciences (Iclabss) 2019.

Fokusnya membahas tantangan pendidikan di era saat ini. Ada lima narasumber yang dihadirkan. Yakni, Prof Johnny Jermias dari Simon Fraser University Kanada. Lalu, Assoc Prof Pensri Jaroenwani­t PhD dari Khon Kaen University Thailand dan Prof Ishak Yussof dari National University of Malaysia. Hadir pula hakim Tipikor Surabaya Dr Lufsiana Abdullah dan Wakil Bendahara Diktilitba­ng Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiy­ah Adam Jerusalem.

Prof Johnny menyampaik­an, karya tulisnya mengupas bisnis strategis, terutama bisnis exit. Menurut dia, banyak orang yang membahas strategi untuk memulai. Nah, bisnis exit itu bagaimana untuk keluar dari yang sudah ada. Misalnya, perusahaan sudah eksis, tapi pelan-pelan mengubah diri. Dari yang awalnya hanya perusahaan teknologi informasi merambah ke dunia event. ’’Mengubah bisnis karena eranya berubah, termasuk juga dunia pendidikan. Industri 4.0 saat ini adalah cerdas dan sistem mandiri yang penuh data dan pembelajar­an mesin,” ujarnya.

Sementara itu, Assoc Prof Pensri yang juga dekan fakultas bisnis dan marketing menyampaik­an tentang pengembang­an pertanian. Semua penelitian­nya dilakukan untuk memberdaya­kan pertanian. Prof Ishak lebih banyak berbicara seputar peningkata­n sumber daya manusia (SDM).

”Semuanya saling sinkron, bisa kolaborasi,” kata Wisnu Setiyono, dekan FBHIS Umsida. Misalnya, dengan Thailand. Karakter wilayahnya sama dengan Indonesia dan pertaniann­ya sudah maju. ’’Joint research dengan Thailand nanti seputar pertanian,” ujar Wisnu. Termasuk kolaborasi dengan lainnya. ’’Forum seperti ini bakal terus berlanjut,” tambahnya.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? UBAH BISNIS SESUAI ZAMAN: Prof Johnny Jermias saat presentasi di Umsida kemarin.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS UBAH BISNIS SESUAI ZAMAN: Prof Johnny Jermias saat presentasi di Umsida kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia